Kota Pahlawan : Surabaya

Begitu banyak tempat-tempat yang menarik di kota pahlawan. Tempat-tempat yang menarik tersebut untuk berbagai macam kepentingan. Aneka kepentingan tersebut antara lain: para pebisnis melakukan negosiasi, wisatawan mengunjungi berbagai tempat rekreasi, para pelajar menempuh studi di kota pahlawan, pejabat dan petinggi negara mengadakan konferensi nasional dan internasional. Dan untuk memenuhi banyak kepentingan tersebut butuh infrastruktur yang memadai. Airport, stasiun kereta api, terminal bus dan pelabuhan sudah tersedia di kota Surabaya.


Surabaya, sumber foto : http://ds-lands.com/photo/cities/surabaya/08/
Infrastrukur yang lengkap ini menumbuhkan perkembangan infrastruktur yang lain seperti akomodasi dan amenitas untuk memenuhi kebutuhan para tamu-tamu kota pahlawan. Sebutan pahlawan berasal dari perjuangan para penduduk Surabaya melawan para penjajah. Peristiwa heroik itu memakan korban hingga ribuan nyawa pejuang. Sehingga kota Surabaya terkenal sebagai sebutan kota Pahlawan. Airport memfasilitasi kebutuhan alat transportasi untuk tamu-tamu dari tempat jauh. Stasiun kereta api dan terminal bus melayani kebutuhan para tamu via darat. Sedangkan pelabuhan memenuhi kebutuhan alat transportasi via laut antar pulau.

Dari airport, stasiun kereta api, terminal bus dan pelabuhan, para tamu dapat mengambil kebutuhan istirahat dengan menyewa akomodasi yang tersedia. Akomodasi tersebut antara lain: penginapan, hotel, losmen untuk menyegarkan badan sebelum beraktivitas yang lain. Tempat hiburan, kuliner, pusat-pusat bisnis sudah menunggu para tamu-tamu kota pahlawan.