Cara Membuat Kolam Ikan Gurame

Cara membuat kolam ikan gurame yang satu ini sangat cocok diterapkan pada lahan sempit dan daerahnya tidak melimpah air. Dengan ukuran luas kolam 4 m x 6 m dan tinggi 1,5 m sudah bisa memelihara ikan gurame sebanyak kurang lebih 500 ekor benih ikan gurame ukuran tampelan (250 gram/ekor). Bahan yang disediakan cukup terpal, plastik, bambu atau kayu dan bahan-bahan pertukangan lainnya. Pembuatannya cukup mudah, tidak butuh waktu banyak maupun tukang.

Kolam terpal bisa dibuat di dalam tanah atau sebagiannya saja atau benar-benar berada di atas tanah. Tiap desain memiliki kelebihan dan kekurangannya. Semuanya harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan mulai dari struktur tanah, iklim dan ketersediaan pasokan air. Ikan gurame memang tidak memerlukan air sirkulasi, tapi harus selalu diperhatikan kondisi kualitas air kolamnya. Gurame sangat peka terhadap perubahan kualitas air sehingga jenis ikan ini mudah mendapat gangguan.
Cara membuat kolam ikan gurame
Kolam terpal untuk penetasan telur gurame
Cara membuat kolam ikan gurame
Bahan-bahan
  • Terpal ukuran 7 m x 9 m. Bisa dipesan di toko plastik atau toko bangunan
  • Bambu atau kayu
  • Anyaman bambu atau pagar bambu
  • Tali
  • Paku

Alat-alat
  • Alat pertukangan
  • Cangkul
  • Sekop

Langkah-langkah pembuatan
  1. Buat kerangka kolam dengan menancapkan patok-patok bambu di tiap sudut dan di tengah-tengah panjang kolam.
  2. Pasang 2 batang bambu melintang sebagai rangka pagar pada tiap sisi kolam.
  3. Pasang anyaman bambu pada tiap sisi-sisi kolam.
  4. Lubangi bagian pinggir terpal sebagai tempat tali.
  5. Pasang terpal ke dalam kolam dan perkuat dudukan dengan tali.
  6. Pastikan semua bagian yang terpasang kuat pada dudukannya sehingga pada saat pengisian air tidak sampai jebol.
  7. Buat saluran pembuangan dengan melubangi salah satu sisi bagian dasar kolam. Bagian sisi lubang ini harus dilem plastik sehingga kolam tidak sampai bocor.


Langkah-langkah cara membuat kolam ikan gurame di atas sudah banyak dipraktekkan oleh para petani gurame. Hasilnya bisa tahan sampai 2 tahun. Untuk ukuran luas kolam bisa bervariasi, tergantung pada tujuan pemeliharaannya. Untuk kolam penetasan, bisa memakai kolam terpal. Hanya saja di bagian atasnya perlu dibuatkan penutup yang terbuat dari plastik dan dibuat serapat mungkin.