Cara Membuat Kandang Ayam Kampung

Prinsip dasar cara membuat kandang ayam kampung berikut ini yaitu memberikan kenyamanan pada ayam-ayam yang dipelihara semaksimal mungkin. Kualitas kandang berpengaruh besar pada kuantitas dan kualitas hasil ayam-ayam yang dipelihara. Konstruksi kandang itu sendiri sangat beragam, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling modern. Bagi peternak, perhatikan betul jenis kandang yang akan dibuat dan kemampuan kapasitas jumlah ayam-ayam yang akan dipeliharanya. Jangan sampai membuat kandang berukuran besar, tapi tidak memiliki kemampuan memeliharanya.

Ayam kampung biasanya dipelihara dengan cara bebas berkeliaran di pekarangan rumah. Namun, hal itu hanya terjadi pada saat siang hari. Malamnya, harus dimasukkan ke dalam kandang. Terutama untuk anakan ayam atau day old chicken (DOC). Ada dua cara yang umum dipraktekkan oleh para peternak skala rumahan yaitu anakan ayam tetap diasuh oleh induknya dan anakan ayam yang dikandangkan secara intensif. Kali ini kita akan membahas anakan ayam yang dikandangkan secara intensif.
Cara membuat kandang ayam kampung
Kandang DOC
Cara membuat kandang ayam kampung
Desain kandang dibagi menjadi dua bagian. Yaitu bagian kandang yang terbuat dari papan dan satunya lagi sebagian terbuat dari ram kawat. Kandang yang terbuat dari papan dipakai anakan ayam sewaktu malam hari, sedangkan kandang yang terbuat dari ram kawat dipakai pada waktu siang hari.

Anak-anak ayam ini tidak pernah keluar dari kandang. Untuk memeindahkan anakan ayam dari kandang papan ke kandang ram kawat digunakan sekat pemisah yang terbuat dari tripleks. Sekat pemisah ini bisa dibuka dan ditutup dengan cara menarik sekat tersebut. Lubang ventilasi harus dibuat cukup supaya sirkulasi udara di dalam kandang tetap lancar.


Cara membuat kandang tipe ini sudah banyak diterapkan oleh peternak ayam kampung skala rumahan. Hasilnya, tingkat kematian anak ayam sangat sedikit dibandingkan dengan anakan ayam yang dibiarkan bebas berkeliaran bersama induknya. Anakan ayam hanya berada di dalam kandang selama kurang lebih 2 minggu saja. Peternak akan lebih mudah mengawasi anakan-anakan ayam di dalam kandang ini sehingga kebutuhan nutrisi pakan dan kesehatannya bisa tetap terjaga. Terkadang, peternak menambahkan lampu tempel bila suhu kandang masih terlampau rendah. Penempatannya di bagian sisi tengah dinding, diberi dudukan yang kuat dan cerobong asap mengarah keluar lubang ventilasi.