Ragam Khasiat Mengkudu (Morinda citrifolia)

Nenek moyang kita sudah mengenal betul ragam khasiat mengkudu (Morinda citrifolia), antara lain; sebagai obat malaria, rematik, membersihkan rambut. Hasil penelitian modern malah diperoleh lebih banyak lagi khasiatnya di bidang pengobatan dan kesehatan, antara lain; mengatasi masalah otot, stress, masalah kesehatan mental, masalah gangguan ginjal, gangguan pencernaan, pernafasan, penyakit degeneratif seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung dan kanker.

Ragam Khasiat Mengkudu (Morinda citrifolia)
Si buruk rupa multikhasiat
Si buruk rupa
Penampilan buahnya memang buruk, tampak banyak tonjolan coklat di sekujur buah dengan warna dasarnya yang putih krem. Baunya tak kalah busuknya, terlebih-lebih saat digigit. Rasanya benar-benar tidak enak. Lengkap sudah derita buah ini bila dari seluruh kriteria penilaian orang umum. Namun, hanya orang-orang cerdik pandai saja yang bisa memahami keistimewaan buah ini. Ia memiliki khasiat luar biasa. Saking luar biasanya, tanaman ini dijuluki dengan nama magic plant atau paint killer tree.

Ragam khasiat mengkudu (Morinda citrifolia) ini telah menarik perhatian banyak ahli farmasi dan peneliti obat. Berbagai senyawa aktif yang berkhasiat obat telah ditemukan seperti scopoletin, antraquinon, asam askorbat, damnacanthal, xeronine, proxeronine dan serotonin. Senyawa-senyawa aktif tersebut berperan dalam mengobati berbagai penyakit seperti radang sendi (rematik), antikanker, memperlebar pembulurh darah dll.

Ampuh atasi berbagai macam penyakit
Senyawa antraquinon berefek antiinflamasi sehingga mampu meredakan radang sendi atau rematik. Senyawa scopoletin berefek untuk melebarkan pembuluh darah sehingga bisa memperlancar peredaran darah. Senyawa Damnachantal bersifat antikanker, xeronin mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh dan mengatur fungsi protein di dalam sel. Senyawa serotonin mampu mengatasi stress, migrain, memperbaiki metabolisme dan membuat rileks tubuh serta bersifat diuretik.

Mengetahui banyaknya ragam khasiat mengkudu (Morinda citrifolia) di atas, tentu kita tak lagi memandang ia sebagai si buruk rupa lagi. Ia penyelamat banyak orang. Terutama para penderita penyakit degeneratif seperti hipertensi, asam urat, dan gangguan metabolisme lainnya.