Jenis Tanaman Hias “Nyanyian India” Dracaena reflexa “Song of India”

Jenis tanaman hias berdaun indah. Dracaena reflexa dikenal juga dengan sebutan “Song of India” atau “Nyanyian India”. Sangat cocok ditanam di taman depan rumah maupun taman belakang rumah. Nilai lebih yang ada pada tanaman ini yaitu daunnya yang kaya warna, selalu hijau alias tidak menggugurkan daun, tebal, pertumbuhan batangnya rutin dan kompak.

Tinggi tanaman bisa mencapai 4-5 meter jika tumbuh dibiarkan bebas. Untuk keperluan taman, ketinggiannya lebih baik diatur hanya sekitar 1 meter saja. Tanaman “Song of India” yang tumbuh di dalam pot biasanya akan lambat pertumbuhannya. Letak duduk daun yang spiral menambah keindahan Dracaena reflexa saat ditanam di dalam pot.
Tanaman hias berdaun indah
Tanaman hias berdaun indah
Bunganya tidaklah menarik. Namun, keberadaannya penting sebagai perbanyakan tanaman itu sendiri. Terutama untuk memperoleh hasil persilangan tanaman yang unik atau hasil mutasi dari tanaman itu sendiri.
Jenis-jenis tanaman hias Dracaena reflexa yang cocok ditanam di taman rumah Anda yaitu: D. reflexa “Song of Jamaica”, D. reflexa “Song of India”. Habitat aslinya berasa dari Madagaskar. Tumbuh baik di daerah sepanjang wilayah tropis.

Manfaat tanaman berdaun indah selain sebagai ornament taman yaitu dapat menghilangkan senyawa-senyawa beracun seperti formaldehida, xylene dan trichloroethylene. Tanaman ini bisa membersihkan udara dari senyawa-senyawa beracun tersebut. Oleh karena itu, membuat deretan tanaman di pinggir jalan raya sangat disarankan.

Jenis tanaman hias Dracaena reflexa mendapatkan penghargaan dari komunitas pecinta tanaman. Terutama dari varietas three-coloured Madagascar dragon tree dan varietas variegata (Song of India). Kedua varietas tanaman tersebut sangat cantik dan indah sebagai bagian dari elemen taman rumah Anda.