Pembuatan Kolam Terpal Ikan Untuk Penetasan Telur Gurame

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolam terpal penetasan telur gurame mudah didapat di toko-toko plastik. Terpal tersedia berbagai ukuran, mulai dari 2 m x 3 m, 3 m x 4 m, 4 m x 6 m hingga yang 8 m x 10 m. Ketinggian kolam cukup 40 cm. Bagian yang terendam air 20 cm. Dan yang terpenting, kolam harus tertutup rapat. Gunakan plastik bening atau transparan supaya kolam terlindung dari terpaan air hujan, tapi sinar matahari tetap bisa masuk ke dalam kolam. Konstruksi kolam juga harus kuat supaya tidak mudah jebol karena kuatnya tekanan air.
Sebenarnya, kolam terpal itu juga bisa dipakai untuk kolam pendederan dan pembesaran konsumsi. Kita hanya perlu membuat tinggi kolam terpal hingga 1,5 m. Ketinggian air disesuaikan dengan pilihan segmen pemeliharaan. Untuk pendederan, ketinggian air maksimal cukup 50 cm. Untuk pembesaran gurame konsumsi diperlukan ketinggian air minimal 80 cm, maksimal 100 cm. Konstruksi kolam harus kuat dan mampu menjaga tekanan air dalam kolam. Dinding kolam bisa terbuat dari rangka kayu, bambu atau besi. Kalau dari bambu, usahakan patok-patok utama yang dipakai tetap hidup sehingga konstruksi kolam tetap terjaga kuat.
Gurame berbobot 4 ons
Biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan kolam terpal ikan memang terbilang lebih murah dibandingkan dengan lainnya (kolam tanah, kolam beton). Namun, itu hanya berlaku untuk jangka pendek. Untuk jangka keperluan jangka panjang sebaiknya memakai kolam beton atau kolam semen. Nantinya, biaya yang dikeluarkan untuk usaha akan terasa lebih hemat. Keuntungan usaha untuk jangka panjang juga akan terasa lebih besar.
Untuk pengisian air bisa memakai sumber air sumur atau PAM. Khusus untuk PAM harus diendapkan terlebih dahulu semalam. Lapisan bagian atas air yang diambil untuk mengisi kolam. Bagian lapisan bawah dibuang. Konstruksi kolam terpal juga harus dibuat sedemikian rupa supaya air mudah dibuang. Biasanya di bagian dasar kolam, ada bagian yang dibuat cekungan atau dibuat miring sehingga endapan kotoran bisa menumpuk di salah satu bagian cekungan tersebut. Endapan kotoran tinggal dibuang menggunakan alat penyedot. Untuk kolam terpal, menjaga kualitas air memang merupakan hal yang utama.
Langkah-langkah pembuatan kolam terpal dapat Anda lihat di video youtube di bawah ini. Kolam terpal tipe ini sudah dipraktekkan di sekitar desa-desa yang masuk wilayah Kecamatan Kebungbanteng. Anda tinggal mempraktekan dan menyesuaikan dengan keadaan di sekitar wilayah Anda.