Kreatifitas Pemasaran Jamur Tiram Diolah Jadi Pepes

Ini adalah salah satu kreatifitas pemasaran jamur tiram yang bisa ditiru oleh para pembudidaya. Daripada stok melimpah, sedangkan serapan pasar lambat, lebih baik diolah lebih lanjut menjadi produk yang memiliki nilai lebih tinggi. Salah satunya olahan pepes jamur tiram yang tentunya kata pepes sudah akrab di telinga masyarakat dan sudah tergambar dengan jelas bentuk dan rasa olahan makanan pepes seperti apa.
Kreatifitas pemasaran jamur tiram pepes
Pepes jamur tiram
Sebelum masuk proses pembuatan pepes, ada baiknya simak tips memilih jamur tiram yang baik. Jamur tiram yang layak dikonsumsi dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Ciri-ciri jamur tiram yang baik dan layak dikonsumsi sebagai berikut:
  1. Tudung jamur masih utuh, belum mekar ke atas, tidak pecah-pecah, warna jamur cerah dan tidak terlalu basah.
  2. Kondisi jamur tidak tampak basah. Jamur tiram yang basah akan cepat membusuk.
  3. Jamur tiram tidak berbau menyengat

Cara membuat pepes jamur tiram
Bahan
  • Jamur tiram sebanyak ½ kg
  • Daun kemangi sebanyak 1 ikat
  • Telur ayam sebanyak 2 butir

Bumbu
  • Bawang putih sebanyak 20 gram
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Merica secukupnya
  • Gula pasir sebanyak ½ sendok teh

Cara membuat
  1. Bahan bumbu seperti bawang putih, merica, gula dan garam dihaluskan
  2. Cuci bersih jamur tiram dan disuwir-suwir. Selanjutnya, jamur tiram dicampur dengan daun kemangi dan telur sampai merata hingga membentuk adonan.
  3. Adonan tersebut siap dibungkus dengan daun pisang, selanjutnya dikukus sampai matang, kira-kira 15-30 menit. Setelah itu, tinggal dibakar
  4. Pepes jamur siap disajikan atau dipasarkan


Ini merupakan salah satu kreatifitas pemasaran jamur tiram yang bisa kita coba seandainya volume produksi terlalu melimpah, sementara serapan pasar sedikit atau harganya terlalu rendah. Pepes jamur memiliki banyak penggemar dan memiliki prospek tinggi sebagai lahan bisnis olahan berbahan dasar jamur.