Resep Masakan Urap Sayur Tanaman Hias

Disebut resep masakan urap sayur tanaman hias karena bahan-bahan sayuran yang dipakai berasal dari dedaunan tanaman yang biasa di pekarangan rumah dan dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Jenis-jenis tanaman yang memiliki fungsi sebagai tanaman hias sekaligus dapat disayur, antara lain: cakra cikri, mangkokan, bunga kecombrang, daun murbei, daun muda pakis, daun muda singkong, daun muda mengkudu, bayam.
Resep Masakan Urap Sayur Tanaman Hias
Daun murbei, cakra cikri dan bayam yang akan dibuat urap
Untuk bumbu urap masih tetap seperti pada umumnya yaitu dari parutan kelapa ditambah bumbu halus.
Resep urap
1-1,5 mangkok kelapa agak muda yang sudah diparut
1-2 cabe merah
Jahe sepotong kecil
2 siung bawang putih
Kencur sepotong kecil saja
1-2 sendok teh gula
2 daun jeruk purut yang diiris halus
Garam dan penyedap rasa

Cara membuat
Semua sayuran seperti daun cakra cikri, kecombrang, daun murbei, daun muda pakis, daun mengkudu, bayam, daun singkong direbus. Cukup hanya membuat layu saja, tak sampai matang. Untuk daun singkong perlu direbus cukup lama, selanjutnya diiris-iris. Semua baham bumbu diulek sampai halus, kecuali daun jeruk. Setelah bumbu halus, tinggal dicampur dengan kelapa sampai merata. Bumbu segar ini bisa langsung dicampurkan bersama sayuran, tapi bumbu ini tak bisa tahan lama (cepat basi). Supaya bisa agak tahan lama, bumbu bisa dikukus atau dipanaskan dengan sedikit minyak. Bumbu urap yang sudah matang bisa dicampur dengan sayuran-sayuran daun tanaman hias di atas.

Masakan urap sayur tanaman hias di atas, selain enak bergizi juga ramah di kantong karena bahan-bahan sayurnya tak harus membeli. Cukup memanen daun-daun tersebut di pekarangan rumah kita. Daun-daunan tersebut juga berkhasiat sebagai obat. Sangat bagus untuk kesehatan tubuh.