Sop Sarang Burung Walet

Sarang burung walet yang dihasilkan oleh air liur burung walet memang berkhasiat mengobati berbagai penyakit, antara lain; sesak nafas atau asthma, paru-paru, panas dalam, bahkan sampai dipakai sebagai pembangkit gairah seksual (afrodisiak). Hal ini bisa saja benar karena berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tiap 100 gram sarang burung walet menghasilkan 281 kalori, 37,5 gram protein, 0,3 gram lemak, 32,1 gram hidrat arang, 485 miligram kalsium, 18 miligram fosfor dan 3 miligram zat besi.

Berdasarkan habitatnya, ada dua kelompok jenis burung walet yang bisa menghasilkan sarang untuk dimakan. Jenis burung walet yang hidup di gua-gua tepi pantai (Collocalia fuciphaga) dan jenis burung walet yang hidup di area pemukiman (Collocalia francica vestita). Burung-burung walet ini akan membangun sarangnya di langit-langit gua atau rumah-rumah. Burung walet tak bisa bertengger seperti pada umumnya jenis-jenis burung lain lantaran kakinya yang kecil dan lemah. Ia hanya menempel pada dinding atau atap.

Harga jual sarang burung walet relatif mahal. Hal ini bisa dimaklumi, mengingat cara memanen sarang burung yang sulit juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan mengobati berbagai macam penyakit. Di pasaran, kita bisa memperoleh sarang burung walet dalam bentuk yang sudah bersih atau yang masih kotor. Baik yang bersih maupun kotor dibedakan lagi berdasarkan mutunya, ada yang standar, medium, dan spesial.

Walaupun harga sarang burung walet bisa dibilang 'wah', tak ada salahnya kalau sesekali membuat masakan berbahan dasar sarang burung walet untuk memanjakan keluarga.
Resep sop sarang burung walet (untuk 10 porsi)
Bahan-bahan:

  • Sarang burung walet                                 100 gram
  • Kaldu ayam bening                                       1 liter
  • Dadu kaldu ayam                                         1 buah
  • Daging ayam dipotong dadu                     150 gram
  • Daging asap dipotong korek api               100 gram
  • Kuning telur                                                 2 butir
  • Air jeruk nipis                                              1 sendok makan
  • Garam halus                                                 1 sendok makan
  • Lada halus                                                   1 sendok makan
Cara membuat:
  1. Rendam sarang burung dalam air selama 15 menit sampai mengembang. Angkat dan rebus ke dalam air yang sudah mendidih selama kurang lebih 5 menit sampai matang. Angkat dan tiriskan.
  2. Didihkan kaldu ayam bersama balok dadu kaldu ayam, garam, lada. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong bentuk dadu. Sementara itu, kocok kuning telur yang sudah dicampur dengan air jeruk nipis (menghilangkan anyir), lada dan garam secukupnya. Tuangkan kocokan telur ini ke dalam kaldus sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya bentuknya merambut.
  3. Masukkan sarang burung ke dalam kaldu dan biarkan mendidih sekali lagi. Angkat dari api.
  4. Selagi panas-panas, taburkan irisan daging asap ke dalam sop sarang burung walet. Hidangkan sup ini saat masih dalam keadaan panas sampai hangat karena bila sudah dingin rasanya sudah kurang nikmat.