Berpetualang di Pegunungan Sewu, Gunungkidul, Yogyakarta

Gunungkidul terletak di sebelah timur Kota Yogyakarta. Topografi berbukit-bukit hampir mendominasi seluruh wilayah ini. Kekhasan topografi ini yang membuat terkenal Gunungkidul dengan sebutan pegunungan sewu. Bukit karst yang berbatu-batu ini kedap air. Jarang dijumpai tanahnya menyimpan air seperti tandon. Sungai-sungai bawah tanah yang mengalir di dalam gua-gua malah sangat melimpah. Aliran sungai tersebut ada yang meresap ke dalam bebatuan dan sebagian langsung bermuara ke laut. Jarang sekali dijumpai sungai di permukaan pegunungan sewu. Wisata petualang menjadi daya tarik utama pegunungan sewu.


Karst Gunungkidul Yogyakarta, sumber : rentalmobilyogyakarta.net

Sejarah Yogyakarta sebagai pusat budaya dan sejarah melekat sejak dulu. Keberadaan stasiun kereta api Tugu mengantar para tamu dari berbagai daerah untuk memasuki pintu gerbang wilayah Yogyakarta. Sejarah stasiun kereta api Tugu memberi kenangan kisah tentang perjuangan bangsa Indonesia di era penjajahan Belanda, Jepang dan pascamerdeka. Jadi, stasiun kereta api Tugu tak hanya sebagai titik pemberhentian para penumpang dengan tujuan Jogja, akan tetapi dapat juga sebagai sarana pendidikan untuk semua orang. Dari stasiun kereta api Tugu, untuk menuju daerah pegunungan sewu harus menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

Kunjungan ke gunungkidul via udara dapat ditempuh dengan pendaratan pesawat terbang di Bandara Adisucipto. Pesawat terbang dari maskapai penerbangan rutin dalam sehari melakukan banyak pendaratan dari berbagai tujuan. Sadar bahwa kebutuhan para penumpang yang berkunjung ke Yogyakarta sangat beragam, maskapai penerbangan memprioritaskan jadwal yang tepat waktu dan frekuensi penerbangan yang tinggi. Kejadian delay atau canceling benar-benar diharamkan oleh maskapai penerbangan jika bukan karena faktor force majeur. 

Para petualang yang akan menuju pegunungan sewu tentu harus memiliki fisik yang baik. Hal ini disadari betul oleh maskapai penerbangan. Pesawat terbang yang digunakan oleh maskapai penerbangan sudah melewati pemeriksaan yang ketat dan teliti. Kenyamanan kondisi pesawat terbang untuk melayani penumpang jadi nomor satu. Dengan demikian, para penumpang yang benar-benar akan berpetualang di Gunungkidul sudah siap betul dengan kondisi fisiknya.