Cara Membuat Pupuk Organik

Begini cara membuat pupuk organik yang mudah dan murah. Tinggal kumpulkan bahan-bahan organik yang ada di sekitar kita. Kemudian cincang sampai pada ukuran tertentu. Tutup dengan karung goni atau lainnya supaya terjadi proses penguraian fermentasi. Aduk-aduk tiap hari. Tunggu beberapa hari atau minggu. Pupuk organik yang sudah jadi tampak dari tekstur dan strukturnya yang mirip tanah. Pupuk organik ini siap diaplikasikan ke tanaman.

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap lingkungan sehat semakin tinggi. Mereka ingin beralih pada konsep “back to nature” yang ramah lingkungan. Dan salah satu aksi yang bisa dilakukan yaitu bertani ala organik. Dalam hal ini, pertanian organik yang dimaksud yaitu sebisa mungkin menggunakan cara-cara organik dalam teknis budidayanya. Walaupun lingkungan sekitarnya tak menjamin bebas dari sumber-sumber polutan zat-zat kimiawi. Setidaknya, dengan gerakan organik semacam ini, dampak kerusakan lingkungan bisa terhambat.
Cara membuat pupuk organik
Pengomposan secara terbuka
Cara membuat pupuk organik
Bahan-bahan
  • Segala bahan organik yang bisa terurai
  • Air
  • EM4
  • Gula pasir

Alat-alat
  • Sekop
  • Cangkul
  • Sarung tangan
  • Karung goni atau wadah lainnya

Cara membuat
  1. Siapkan bahan-bahan organik yang akan dibuat menjadi pupuk. Bila bahan-bahan organik tersebut berukuran besar, lakukan pencincangan hingga berukuran kecil-kecil.
  2. Buat larutan EM4 dan gula ke dalam air
  3. Campurkan larutan tersebut ke dalam bahan-bahan organik yang telah dicincang tersebut
  4. Aduk-aduk sampai merata
  5. Tutup dengan karung goni atau dimasukkan ke dalam wadah
  6. Kontrol tiap hari dengan membukanya dan aduk-aduk. Proses fermentasi berhasil bila suhu terasa hangat dan berbau khas peragian. Kalau berbau busuk berarti gagal.
  7. Pupuk yang sudah jadi, ditandai dengan suhunya yang relatif sama dengan tanah di sekitarnya. Tekstur dan strukturnya mirip tanah. Pupuk kompos organik ini siap diaplikasikan ke tanaman.
Cara membuat pupuk organik ini sangat cocok diterapkan di rumah-rumah Anda. Sambil berkebun dan bertanam sayur, Anda bisa menghasilkan pupuk organik secara mandiri. Selain menyelamatkan lingkungan, Anda bisa memetik hasil dari bertanam dan berkebun. Selamat mencoba.