Budidaya Buah Naga, Cara Menanam


Keberhasilan budidaya buah naga ditentukan cara menanam yang benar dan tepat. Perlu kehati-hatian tinggi saat penanaman. Pasalnya, bibit jangan sampai ditanam terlalu dalam yang bisa berakibat pada kelambatan pertumbuhan. Cukup dibenamkan sedalam 5 cm saja. Pola pengaturan penanaman juga harus diperhatikan. Aturlah keempat bibit tanaman yang melekat pada tiang penopang secara merata dan rapat mengelilingi tiang penopang. Hal ini akan menjamin kemunculan akar angin akan kuat melekat pada tiang. Supaya bibit tidak terjatuh, ikat bibit dengan kawat, tapi pengikatan ini jangan sampai terlalu kuat yang malahan bisa merusak batang tanaman.

Teknik menanam di atas diterapkan pada penanaman yang menggunakan tiang penopang. Pada sistem double rowing atau sistem pagar, gali tanah dalam bedengan dengan kedalaman 20-30 cm dan lebar 30-40 cm. Buat campuran media pada tanah bagian atas dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Biarkan campuran media tersebut selama 1 minggu dan beri larutan berisi mikroorganisme sesuai dosis sesaat sebelum media dikembalikan.
Budidaya buah naga teknik menanam
Teknik menanam buah naga
Tujuan pekebun budidaya buah naga memberikan mikroorganisme tersebut yaitu untuk meminimalkan serangan hama dan penyakit. Sebelum campuran media tersebut dikembalikan, alasi dasar lubang tanam dengan pasir dengan ketinggian sekitar 15 cm. Baru ditimbun dengan campuran media tanam tersebut dan biarkan selama 3 hari.

Bibit buah naga dibenamkan ke dalam tanah sedalam 5 cm. Setelah memasuki minggu ke-3, beri campuran media tanah dan pupuk sehingga terjadi bumbunan. Tinggi bumbunan sekitar 5-10 cm. Pada dasarnya, pembumbunan ini akan mengakibatkan pembusukan akar di bagian bawah. Namun, karena bagian bawah sudah dilapisi dengan media pasir, pembusukan akar bisa dicegah.


Langkah selanjutnya dari budidaya buah naga ini yaitu mengamati pertumbuhan bibit baik yang ditanam dengan sistem tiang maupun double rowing. Normalnya, bibit akan tumbuh sekitar 2,5-3 cm per hari bila dilakukan dengan perawatan dan pemeliharaan yang tepat. Tinggi bibit buah naga yang awalnya hanya berukuran 30 cm itu akan mulai belajar berbunga setelah berumur sekitar 7 bulan.