Tips Sehat Bugar Herbal (biji labu, jahe dan kunyit)

Berikut ini ada 3 tip sehat bugar herbal yang menunjang kualitas hidup Anda sehari-hari. Tidak perlu keluar biaya mahal. Semua bahan ada di sekitar kita dan selalu tersedia di ruang dapur Anda. Ingin tahu lebih lanjut apa saja itu?
Tips Sehat Bugar Herbal (biji labu, jahe dan kunyit)
Biji labu kuning, enak sebagai camilan juga berkhasiat atasi bengkak prostat
1. Konsumsi kuaci biji labu atasi pembengkakan kelenjar prostat
Camilan kuaci biji waluh atau labu memang menjadi teman yang enak saat bersantai atau menonton TV. Ternyata, selain menyenangkan, ada manfaat kesehatan yang bagus untuk tubuh kita. Biji waluh (Cucurbita pepo) ampuh mencegah dan mengatasi pembengkakan kelenjar prostat. Cara konsumsinya bisa dalam bentuk kudapan ringan kuaci atau biji waluh yang diolah menjadi selai. Cara membuatnya mudah, setengah cangkir biji waluh diblender menjadi selai. Nantinya, selai ini dioleskan ke setangkup roti dan langsung disantap.

Senyawa aktif yang berperan untuk mengatasi kelenjar prostat berasal dari hormon beta sitosterol yang terkandung di dalam biji labu. Zat ini akan menekan pembentukan prostaglandin. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kelebihan prostaglandin akan menyebabkan pembengkakan kelenjar prostat. Hal ini sebagai akibat dari peningkatan kadar dehidritestoteron saat usia seseorang bertambah. Dampaknya, uretra tercekik sehingga saat keluar urin akan terasa sakit dan merasa ada yang menghambat.

Buah yang biasa dipakai pada saat perayaan Halloween ini mengandung senyawa alamina, glisina dan asam glutamat yang dibutuhkan oleh kelenjar prostat. Di dalam biji labu terkandung asam amino langka seperti karboksifenilalanina, pirazoalanina, asam aminobutirat. Bagi kaum adam, manfaat labu seperti ini tentu menjadi berita yang menggembirakan. Mari konsumsi biji waluh.

2. Minuman jahe atasi vertigo
Minuman jahe memang sangat pas diseruput pada waktu sore atau malam hari. Efek menyegarkan dan menghangatkan pada tubuh akan membuat badan terasa enteng dan lebih sehat. Jahe juga kaya manfaat sebagai obat. Salah satunya yaitu atasi vertigo. Penyakit yang muncul akibat gangguan saraf keseimbangan di telinga bagian dalam. Caranya, panaskan jahe seukuran telur bebek sampai setengah matang. Selanjutnya tinggal dimemarkan, iris kecil-kecil dan masukkan ke dalam cangkir. Seduh dengan air panas dan beri sesendok teh gula pasir. Zat terpene yang terkandung di dalam jahe akan meredam rasa mual yang biasa turut serta pada saat vertigo melanda.

3. Minuman kunyit atasi kanker usus
Minuman kunyit memang menyegarkan dan bikin sehat tubuh. Sebenarnya, masih banyak manfaat lainnya dari si umbi kuning ini. Salah satunya menghambat penyebaran sel-sel kanker usus. Senyawa curcumin yang terkandung di dalam kunyit berperan aktif menghambat perkembangan sel-sel kanker. Berap dosis kunyit yang sebaiknya dikonsumsi supaya memberikan efek optimal, masih memerlukan penelitian lanjutan. Konsumsi curcumin sampai dosis 10 gram/hari masih aman untuk manusia.

Itula tips sehat bugar herbal yang bisa dinikmati oleh Anda dengan cara menyenangkan dan menggembirakan. Konsumsi herbal tak melulu hanya rasa pahit atau rasa-ras lainnya yang tidak enak. Konsumsi ramuan obat juga bisa sambil merasakan kenikmatan dan enaknya herbal tersebut.