Khasiat Manfaat Kangkung (Ipomoea asiatica) Atasi Sulit Tidur, Ketombe, Darah Sehat

Khasiat manfaat kangkung (Ipomoea asiatica) yang sudah umum diketahui oleh orang banyak yaitu untuk mengatasi sulit tidur. Padahal manfaat lainnya masih banyak lho, misalnya saja; untuk menghilangkan ketombe, wasir atau ambeien, dan obat sakit cacar air. Kangkung biasa dipakai sebagai bahan aneka masakan, mulai dari lalapan, tumis, cah, rujak matang, sambal, dll. Tanaman air ini mudah didapatkan di warung-warung maupun pasar karena ia termasuk bahan pangan merakyat sama seperti halnya sayuran kacan panjang, labu siam, kecipir, bayam, dll.
Khasiat Manfaat Kangkung (Ipomoea asiatica) Atasi Sulit Tidur, Ketombe, Darah Sehat
Kangkung darat

Deskripsi tanaman
Berdasarkan tempat tumbuhnya, ada yang hidup di darat dan ada yang hidup di air. Batang tanaman ini berongga seperti pipa. Daun berbentuk mirip anak panah dan terasa lunak. Bunga kangkung air berwarna ungu lembut. Sedangkan bunga kangkung darat berwarna putih. Sosok kangkung ada yang besar dan ada juga yang kecil. Kangkung bersosok kecil memiliki getah yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis-jenis kangkung lainnya. Kangkung kaya kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral-mineral. 

Khasiat manfaat kangkung (Ipomoea asiatica)
1. Untuk menghilangkan ketombe
Ambil 1-2 ikat kangkung segar, masukkan ke dalam baskom yang berisi air. Rendam selama satu malam. Keesokan harinya, air bekas rendaman kangkung dipakai untuk mencuci rambut berketombe. Lakukan layaknya sedang berkeramas sampai merata, selanjutnya didiamkan selama setengah hari. Setelah itu baru rambut dicuci seperti biasa. Lakukan hal seperti ini rutin tiap hari sampai kulit kepala tak berketombe.

2. Untuk mengatasi sulit tidur
Buatlah aneka masakan sesuka selera Anda, seperti ditumis, lalapan, rujak, lotek pada saat makan siang dan makan malam. Konsumsi masakan berbahan dasar kangkung ini akan cepat terasa efeknya. Tak perlu obat tidur kalau hanya sekedar sulit tidur. Asalkan bukan karena faktor penyakit atau kecemasan psikis yang kritis.

3. Untuk membuat darah tetap sehat
Bahan-bahan:
  • Akar kangkung                      1/2 genggam
  • Kunyit                                     2 jari
  • Pulosari                                   1 jari
  • Adas                                       1 sendok teh
Cara membuat:
Semua bahan tersebut ditumbuk, lalu beri air matang sebanyak 1 cangkir, selanjutnya diperas dan disaring. Minum ramuan ini 2 kali sehari. Lakukan rutin tiap hari sampai sembuh.

Selain enak dan lezat dikonsumsi yang dibuat menjadi aneka masakan, khasiat manfaat kangkung (Ipomoea asiatica) juga tak kalah manjurnya untuk kesehatan tubuh. Kenyang di perut, sehat di tubuh. Oleh karena itu, sediakan saja tanaman kangkung darat di halaman rumah Anda. Perawatan dan pemeliharannya cukup mudah. Bisa dengan menerapkan bercocok tanam konvensional maupun hidroponik. Kedua-duanya sama bagus ditanam di halaman rumah kita. Baca juga Khasiat Bayam (Amaranthus sp.)