Bugar di Hotel Jogja, Segar dan Sehat di Taman Buah Mangunan, Bantul Yogyakarta


Setelah para wisatawan bermalam di hotel Jogja favorit, badan akan terasa bugar kembali akibat lelah selama perjalanan. Saatnya memanjakan mata dan pikiran di alam terbuka. Kunjungan ke objek agrowisata di Kebun Buah Mangunan dapat menjadi pilihan yang tepat. Letaknnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni sekitar 35 km ke arah tenggara.

Lansekap Kebun Buah Mangunan berbukit-bukit. Luas wilayah kebun ini kurang lebih 23 ha, berada di ketinggian 200 m dpl. Kebun buah ini sudah dikembangkan sejak tahun 2003. Puas setelah para wisatawan menikmati pelayanan dari hotel jogja yang penuh keramahan dan perhatian, saatnya wisatawan terpuaskan dengan sejuknya lansekap perbukitan gunung sewu wilayah Bantul dan Gunungkidul yang menawan hati.
Sama dengan suguhan pemandangan yang ditawarkan oleh hotel jogja di sekitar wilayah pesisir pantai selatan Yogyakarta, dari kebun buah mangunan dapat juga kita melihat lansekap Pantai Parangtritis di sebelah selatan. Sembari menikmati suasana sepoy-sepoy angin yang menyegarkan tubuh, kita terkadang disambangi oleh segerombolan monyet liar di sekitar kebun buah ini.

Pusat informasi yang tersedia di hotel jogja biasanya memberikan banyak informasi objek wisata yang dibutuhkan oleh para wisatawan. Termasuk keunggulan yang ditawarkan destinasi agrowisata di Bantul ini. Kebun buah Mangunan mengajak para wisatawan untuk merasakan petualangan perbukitan dengan grade tantangan yang bervariasi. Atraksi unggulan utama yang peru dicoba oleh wisatawan yakni mengenal berbagai jenis tanaman buah budidaya seperti jeruk, mangga, durian, duku, jambu air, sawo dan rambutan. Disamping itu, beberapa jenis tanaman buah yang termasuk buah langka seperti matoa, kelengkeng dan cempedak dapat dijumpai disini.

Aneka buah yang tersaji di hotel jogja bisa saja berasal dari taman buah mangunan ini. Pasalnya, para wisatawan diperbolehkan memetik langsung dari pohon dan langsung disantap di tempatnya. Tersedia fasilitas pendukung untuk kegiatan berwisata ini antara lain; gazebo, kolam pemancingan, kolam renang, gedung pertemuan. Selain itu, pengelola kebun menyediakan kegiatan wisata outbond dan wisata alam. Fasilitas outbond seperti flying fox, reflying, jembatan monyet, serta titian sudah tersedia lengkap. Para wisatawan tinggal memilih kegiatan outbond yang disukai. Trek untuk sepeda gunung tersedia juga sembari berkeliling kebun. Di sini tersedia dua trek untuk lintasan bersepeda yakni trek downhill sepanjang 2.300 m dan trek cross country sepanjang 3.800 m.

Artikel terkait