Formula Tepat Agar Kulit Wajah Berseri dan Cerah

Seiring bertambahnya umur, kulit pun ikut 'menjelajah' beberapa fase dan mengalami perubahan fisik. Perubahan tersebut dimulai sejak memasuki usia remaja.

Kulit yang Anda miliki sekarang ini adalah hasil dari apa yang telah Anda lakukan selama ini. Apakah Anda merawatnya dengan baik dan tepat atau justru sebaliknya.
Formula Tepat Agar Kulit Wajah Berseri dan Cerah
Salad, konsumsi makanan segar bisa bikin kulit sehat dan cerah

Perkembangan kulit secara alami
Usia 15-an
Sejak terjadinya perubahan hormon dan memasuki masa pubertas kenampakan kulit ikut terpengaruh. Kelenjar sebasea membesar sehingga menjadikan kulit cenderung berminyak dan berjerawat.
Usia 20-an
Wanita mencapai tingkat puncak hormonal. Di usia 20-an kulit menjadi sangat kenyal dan elastis. Kulit berminyak dan berjerawat masih menjadi masalah di usia ini.
Usia 30-an
Elastisitas kulit mulai menurun seiring proses pigmentasi yang akan mulai terjadi, demikian pula dengan kerut wajah yang mulai tampak. Produksi kelenjar sebasea menurun sehingga kulit pun mulai 'mengering'.
Usia 40-an
Kulit yang semakin berkerut dan pigmentasi menjadi masalah utama di usia ini. Sayang banyak yang tidak menyadari bahwa masalah utama tersebut merupakan akibat kurangnya proteksi terhadap sinar ultra violet yang dipancarkan matahari pada masa sebelum memasuki usia ini.
Usia 50-an
Kulit menjadi semakin kering, berkeriput dan mengendur seiring dengan berjalannya proses monopause. Kondisi tersebut tercermin khususnya pada daerah sekitar mata, bibir, dan leher.

Perawatan yang teratur serta memperlakukan kulit dengan baik, itulah 'formula' sesungguhnya untuk memperbaiki struktur kulit. Dua langkah sederhana untuk memperoleh kulit indah dan sehat yaitu perawatan dasar dan perawatan khusus.

Perawatan dasar
Kulit wajah Anda memiliki 'permintaan' dasar agar penampilannya halus dan lembut. Kebutuhannya, antara lain: pelembab, proteksi terhadap sinar ultraviolet, vitamin dan pengelupas. Siapkan kulit Anda untuk menerima kebutuhannya, yaitu dengan membersihkan wajah secara teratur. Anda dapat memilih produk pembersih yang digunakan dengan air (biasanya berupa gel) atau tanpa air. Setelah itu gunakan penyegar yang diikuti dengan pelembab. Pilihlah pelembab yang sekaligus memiliki tabir surya.

Pilihan L'Oreal

  • Untuk kulit normal: Gentle Cleansing Milk, Gentle Foaming Gel, Gentle Toning Lotion dan Active Daily Moisture Lotion, SPF 15+
  • Untuk kulit berminyak: Pure-matte Oil Control Purifying gel dan toner serta Hydramatte.
Perawatan khusus
Adakalanya kulit Anda membutuhkan perawatan khusus. Hal yang paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan wajah ber-make-up dengan pembersih khusus yang diformulasikan khusus untuk kebutuhan tersebut. Khususnya untuk mata. Mengapa? Dari seluruh bagian wajah, kulit sekitar matalah yang paling sensitif. Dan bila Anda sering melakukan pembersihan daerah tersebut secara tidak sempurna, maka kulit di daerah kantung mata Anda akan cenderung lebih kering dan berkerut. Bagian lain yang memerlukan sentuhan perawatan khusus adalah leher.

Pilihan L'Oreal
  • Pembersih mata: Eye Make-up Remover.
  • Anti kerut + mengencangkan wajah dan leher: Revitalit
  • Anti kerut + mengencangkan + mengurangi kantung dan lingkar hitam mata: Contour Regard dan Revitalift Eye
Tips memperoleh kulit sehat dan indah:
  • Ikuti cara perawatan kulit secara teratur.
  • Minum air putih yang banyak, hindari kafein dan alkohol.
  • Jaga agar kulit Anda terlindungi dari udara kering dan terpaan sinar matahari. Selalu gunakan krim tabir surya (UVA dan UVB), tanpa peduli keadaan cuaca (mendung atau cerah).
  • Jaga agar kulit selalu dalam keadaan lembab (moisturized).
  • Jaga kesehatan, kondisi tubuh yang tidak prima dapat menjadikan kulit dehidrasi.
  • Jangan menggunakan make-up sepanjang hari. Kulit Anda memerlukan udara segar, sementara penggunaan make-up secara terus-menerus akan mematikan kulit secara lebih mudah.
  • Pastikan Anda cukup istirahat (sekurangnya 8 jam sehari).
  • Cukup mengkonsumsi makanan segar (terutama sayuran dan buah-buahan)
  • Rileks, kondisi stress dapat menjadikan kulit semakin berminyak dan semakin berkeriput.