Serat Dalam Makanan Kita

Pernahkan Anda menghitung dan menganalisis setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh? Cukupkah gizi yang dihasilkan dari makanan tersebut untuk kebutuhan sehari-hari? Apakah makanan yang Anda santap sehari-hari sudah mengandung serat ? Sberapa jauh Anda mengetahui fungsi serat dalam makanan untuk tubuh Anda?
Serat Dalam Makanan Kita
Seafood dan sayuran, kombinasi lengkap gizi

Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda, namun beberapa tahun belakangan ini, serat menduduki posisi penting dalam diet seseorang sesuai anjuran ahli gizi.

Mengapa serat begitu penting bagi tubuh kita? Alasan yang bisa dikemukakan adalah karena serat memberikan banyak keuntungan bagi kita. Serat tidak mengandung kalori. Menyantap makanan yang mengandung serat memerlukan waktu kunyah yang lebih lama, membuat rasa nyaman pada pencernaan dan memberikan rasa kenyang, dengan demikian kita akan menyantap makanan lain dalam jumlah yang sedikit, ini sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet. Bahkan konon kabarnya dengan banyak makan serat kita akan terhindar dari kanker. Meskipun hubungan serat dengan kanker sampai saat ini masih diperdebatkan, tak ada salahnya kita mengkonsumsi serat setiap hari.

Sumber serat
Serat banyak terdapat pada tumbuhan dan tidak dapat dicernakan atau meresap ke dalam pembuluh darah. Agar bahan makanan yang mengandung serat memberikan efek maksimal pada tubuh, bahan makanan tersebut harus mengalami proses pemasakan terlebih dahulu sebelum disantap.

Bahan makanan yang mengandung serat adalah aneka sayuran dan buah-buahan, teristimewa buah yang ada kulitnya seperti apel misalnya. Sebagai contoh 1 gelas jus apel mengandung serat 0,2 gram sedangkan 1 buah apel dalam ukuran yang sama mengandung serat 3,6 gram.

Begitu juga dengan kacang-kacangan dan padi-padian seperti gandum yang diolah  menjadi roti, sereal dan pasta.

Tips sehat untuk Anda

  • Santaplah roti gandum yang coklat untuk roti bakar Anda.
  • Gunakan tepung gandum untuk membuat muffin dan roti.
  • Buatlah sajian pasta dari tepung gandum.
  • Tambahkan ke dalam sarapan pagi Anda, 1 sendok makan sereal, beberapa iris buah atau yoghurt.
  • Setiap hari santaplah 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayur.