Cara Membuat Manisan Rambutan

Selain dibuat menjadi sirup rambutan, bisa juga diawetkan menjadi manisan. Olahan dalam bentuk manisan bisa dikonsumsi langsung atau pun sebagai campuran untuk kue kering, biskuit, cake, pastry, dan pie. Bisa juga untuk isian aneka macam roti manis dan bakpao. Topping untuk es cream, es campur, aneka kue basah juga sangat bagus. Lalu bagaimana cara membuat manisan rambutan? Simak penjelasan berikut ini.
Untuk membuat manisan buah rambutan, ambil buah-buah rambutan yang tidak cacat dan tampak sehat. Jangan sampai di dalamnya terdapat ulat. Kupas kulit buah rambutan, pisahkan bagian daging buah dengan bijinya. Daging buah harus masih berbentuk bulatan. Ada teknik membuatnya.

Teknik membuang biji rambutan. Siapkan pisau yang bagian ujungnya meruncing. Ambil daging buah rambutan utuh. Potong bagian sisi atas dan bawah. Selanjutnya, ujung pisau yang runcing itu ditusukkan di antara bagian daging buah dan biji. Lakukan gerakan melingkar mengikuti bentuk biji sampai biji tersebut mudah dilepaskan. Dengan cara ini, kita akan memperoleh daging buah rambutan bebas biji berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya. Bentuknya mirip gentong.

Langkah selanjutnya membuat manisan buah rambutan basah, daging buah rambutan direndam ke dalam larutan Kalium Metabisulfit 1 persen selama kurang lebih 15 menit. Tujuan perendaman ini untuk mencegah timbulnya warna coklat pada daging buah ini saat dibuat manisan. Selanjutnya direndam ke dalam larutan gula. Laruta gula ini dibuat dari gula pasir sebanyak 600 gram yang dilarutkan ke dalam 1 liter air ditambah 20 gram asam sitrat.

Setelah direndam di dalam larutan gula, daging buah rambutan ditiriskan, lalu dijemur di bawah terik matahari atau di dalam alat pengering. Pengeringan ini dilakukan sampai bobot manisan daging buah rambutan menyusut tinggal 60 persennya saja dari bobot awal.

Selanjutnya, manisan rambutan setengah kering ini dicelupkan ke dalam air mendidih selama 5 menit. Lalu celupkan ke dalam air dingin untuk menghentikan proses reaksi kimiawi di dalamnya. Setelah itu ditiriskan dan dikeringkan sampai benar-benar kering. Kadar air manisan rambutan hanya sekitar 10-12 persen saja. Manisan yang sudah jadi ini tinggal dikemas ke dalam kantong plastik. Itulah cara membuat manisan rambutan. Harga jualnya tentu berlipat-lipat daripada harga jual saat buah masih segar. Selamat mencoba. Baca juga Cara Membuat Sirup Rambutan.