Resep Masakan Keluarga Harian

Idealnya, resep masakan keluarga harian mengandung nutrisi yang lengkap. Seperti kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Semua kandungan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari asupan menu harian seperti nasi, sayur mayur, buah-buahan dan susu. Bahan-bahan untuk membuat makanan tersebut mudah diperoleh dan berharga relatif murah. Makanan sehat bukan berarti yang berharga mahal, tapi makanan sehat merupakan makanan yang diolah dengan cara benar dan masih mengandung nutrisi yang bisa diserap dan dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa bahan pengganti seperti nasi bisa juga sebagai asupan harian seperti roti, singkong, nasi jagung, ubi jalar, sagu, sorghum, kentang dll. Memang, yang sudah terbiasa konsumsi nasi akan sulit menerima makanan-makanan pengganti tersebut. Penulis sendiri sudah mencoba mengganti nasi dengan singkong. Ternyata perut masih terasa lapar walaupun jumlah asupan singkong yang dimakan sudah mencukupi.

Berikut ini 3 resep masakan keluarga harian yang kaya nutrisi dan sehat
Sop kentang
Bahan-bahan
1/4 kg kentang
2 liter air
2 sendok makan mentega
2 butir telor, dikocok
1 sendok teh seledri rajangan halus
1 sendok makan rajangan halus bawang merah
Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat sop kentang
Bersihkan kentang dari segala kotoran yang melekat di permukaan kulitnya. Rebus kentang-kentang tersebut ke dalam 2 liter air sampai empuk. Selanjutnya, kentang dikupas dan dihancurkan. Masukkan kembali hancuran kentang ke dalam air rebusan. Tambahkan bawang hingga air mendidih. Ambil telur yang telah dikocok dan goyang-goyangkan ke dalam mentega panas. Goyang terus hingga berubah memerah. Masukkan ke dalam kentang. Beri garam dan penyedap rasa secukupnya. Ketika akan diangkat, masukkan seledri. Sajikan dengan ubi goreng.

Sop kacang hijau
Bahan-bahan:
3 ketimun ukuran sedang
3 sendok makan mentega
1 sendok makan tepung
6 mangkok susu atau air bekas cucian beras (dalam keadaan panas)
2 butir kuning telur yang dikocok
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Cara membuat sop kacang hijau sangat gampang. Semua bahan disatukan dan didihkan. Terkecuali untuk seledrinya. Sebelum diangkat, beri seledri. Resep masakan keluarga harian ini sangat mudah dibuat dan cepat proses pembuatannya.

Sop ketimun
Bahan-bahan:
3 ketimun ukuran sedang
3 sendok makan mentega
1 sendok makan tepung
6 mangkok susu atau air bekas cucian beras (dalam keadaan panas)
2 butir kuning telur yang dikocok
Garam dan penyedap rasa secukupnya
Cara membuat
Ketimun dikupas bagian kulitnya. Ambil daging buah ketimun. kemudian, diiris tipis-tipis. Mentega dipanaskan sampai meleleh. Masukkan ketimun dan masak hingga berubah warna agak bening. Masukkan tepung sambil dikocok-kocok. Masukkan susu panas ke dalamnya. Aduk-aduk terus. Tunggu hingga mengental. Setalh itu, angkat dan saring. Sop ini dipanaskan kembali yang kemudian diberi bumbu. Sebelum diangkat, masukkan kocokan kuning telur ke dalam sop tersebut. Biarkan kuning telur sampai matang, baru sop diangkat. Dari melihat komposisi resep masakan keluarga ini, tampak sudah lengkap kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.