Resep Membuat Rempeyek Atau Peyek Kacang Tanah

Berikut ini resep membuat rempeyek atau peyek kacang tanah yang hasilnya terasa renyah dan enak. Bahan-bahan untuk membuat makanan ringan ini mudah diperoleh di warung-warung maupun di pasar-pasar. Harganya pun murah dan terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Nilai ekonomi rempeyek atau peyek kacang tanah ini cukup tinggi. Produksinya mampu mengangkat kesejahteraan hidup masyarakat. Harga kemasan satu plastik rempeyek kacang tanah dijual dengan harga Rp 5.000 saja yang isinya 10 biji. Sepadan dengan biaya produksinya yang hanya setengah dari harga jualnya. Anda berminat berwirausaha di industri rumahan ini?

Resep membuat rempeyek atau peyek kacang tanah
Bahan-bahan:
1 mangkok tepung terigu
3 sendok makan tepung beras
Kacang tanah
3 butir kemiri
Air. Bisa juga memakai santan biar lebih terasa gurih
Bawang merah dan bawang putih
Ketumbar
Irisan kecil kunyit
Garam
Minyak goreng

Cara membuat
Kupas kacang tanah dari selaput pembungkusnya. Caranya, direndam air terlebih dulu dalam beberapa waktu hingga selaput pembungkus biji kacang tanah terlepas. Cuci sambil diaduk-aduk sampai selaputnya terlepas semua. Selanjutnya, dijemur. Siapkan bumbu-bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, ketumbar, irisan kecil kunyit dan garam. Ulek bumbu-bumbu tersebut sampai halus dan tercampur merata. Bumbu yang sudah jadi ini siap dicampur dengan tepung. Terlebih dahulu, campur tepung terigu dengan tepung beras sampai merata. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung dan bumbunya. Penambahan air ini sampai membentuk adonan yang encer. Panaskan minyak goreng. Ambil satu sendok makan adonan tepung yang kemudian ditaburi kacang tanah secukupnya. Selanjutnya, digoreng.

Takaran resep membuat rempeyek atau peyek kacang tanah ini hanya untuk konsumsi sendiri. Dari satu kali pembuatan akan dihasilkan kurang lebih 10-13 rempeyek saja. Cukup untuk dikonsumsi satu keluarga. Untuk skala industri rumahan, tentu takaran yang diterapkan berbeda. Disesuaikan dengan rencana jumlah produksi rempeyek yang akan dihasilkan.

Baca juga
Proses pembuatan keripik talas renyah dan empuk
Proses pembuatan kacang asin renyah dan empuk
Proses pembuatan keripik kentang empuk dan renyah
Proses pembuatan keripik pisang empuk dan renyah
Proses pembuatan manggleng singkong empuk dan renyah
Proses pembuatan keripik ikan nila dan mujair
Proses pembuatan keripik bayam
Proses pembuatan rempeyek atau peyek kacang tanah