Proses Pembuatan Keripik Kentang Empuk dan Renyah

Keripik kentang digemari oleh banyak orang sebagai teman saat menonton TV, berbincang santai bersama keluarga, atau teman setia saat bekerja. Rasa keripik kentang mudah diterima oleh banyak orang. Pada umumnya, orang membeli keripik kentang yang sudah berada di dalam kemasan. Namun, tak sedikit juga keripik kentang tersebut dari hasil buatan sendiri. Secara teknis, cara membuat keripik kentang terbilang mudah. Hanya saja terkadang dihasilkan keripik yang kurang sempurna sehingga keripik terasa lembek. Nah, untuk bisa membuat keripik kentang yang empuk dan renyah itu seperti apa? Uraian di bawah ini akan memberikan informasi tips dan triks membuat keripik kentang yang sempurna.

Hal-hal yang harus dilakukan supaya keripik terasa renyah dan empuk yaitu:

  1. Usahakan irisan kentang tipis dan seragam ukurannya. Untuk jumlah keripik yang sedikit, cara manual mengiris kentang dengan ukuran tipisa dan seragam masih bisa dilakukan. Namun, dalam jumlah yang banyak, mengiris kentang dengan cara manual tidak disarankan. Pakailah alat pengiris umbi-umbian. Alat yang masih menggunakan tenaga manusia ini sudah cukup memadai untuk menghasilkan irisan kentang yang seragam. Untuk skala usaha, pengirisan sebaiknya menggunakan mesin karena biaya operasionalnya lebih murah dan ada nilai efisiensi usaha.
  2. Saat tahap perendaman irisan kentang. Hasil irisan kentang langsung direndam ke dalam air bersih. Tujuannya, kandungan gula dan patinya bisa terbuang karena larut dalam air. Selain itu, perlakuan perendaman akan mencegah kentang dari warna kecoklatan. Pasalnya, sehabis diiris, kentang yang dibiarkan terbuka di udara bebas akan berubah warna jadi coklat.
  3. Tahap pengeringan kentang. Pengeringan kentang dilakukan sebelum digoreng. Tujuannya, mengurangi kadar air yang terkandung di dalamnya. caranya, taruh irisan kentang pada selembar kertas handuk dan gulung sembari ditekan-tekan.
  4. Penggorengan secara bertahap. Siapkan terlebih dahulu, wajan yang berisi minyak goreng. Panaskan secara perlahan sampai  suhu 90 derajat celcius. Masukkan irisan kentang di dalamnya. air yang ada di dalam kentang akan keluar tergantikan oleh minyak. Setelah itu naikkan suhu minyak menjadi 175 derajat celcius sampai matang merata.
  5. Penirisan kentang sehabis digoreng. Kentang yang telah digoreng ditiriskan di atas kertas tisu supaya minyak terserap oleh kertas. Cara menghilangkan minyak ini yang lain menggunakan alat pengering seperti dryer untuk pengering pakaian. Setelah kentang kering, siap diberi bumbu.

Resep membuat keripik kentang
  1. Bahan-bahan
  2. Kentang 1 kg
  3. Garam secukupnya
  4. Air
  5. Minyak goreng secukupnya
  6. Bahan pengawet Natrium metabisulfit