Cara Membuat Keripik Bayam

Hampir semua kaum hawa tahu cara membuat keripik bayam. Karena teknisnya tak berbeda jauh dengan cara membuat keripik tempe. Bahan baku utamanya tentu daun bayam. Dalam hal ini bisa diambil dari bayam gajah atau bayam merah. Kedua daun bayam ini memiliki daging daun yang lumayan tebal dan agak keras.

Tanaman bayam mudah tumbuh di mana saja. Ia bersifat kosmopolitan. Perakarannya mampu menyerap zat-zat beracun di dalam tanah. Bahkan, dari laporan suatu penelitian, tanaman bayam dapat menyerap senyawa-senyawa radioaktif. Mampu mempercepat proses peluruhan senyawa-senyawa radioaktif.
Daun bayam (Amaranthus sp.) untuk dibuat keripik
Kandungan nutrisi utama yang banyak terkandung di dalamnya yaitu berbagai macam vitamin dan mineral. Daun bayam kaya kandungan zat besi dan Magnesium. Sayuran daun ini sangat dianjurkan bagi kaum hawa yang sering mengalami kekurangan trombosit atau sel darah merah di dalam tubuhnya. Namun, bagi penderita ginjal, sebaiknya dibatasi konsumsinya. karena senyawa asam oksalat yang ada di dalamnya bisa membuat ginjalnya harus kerja ekstra keras.

Daun bayam biasanya dikonsumsi segar dalam bentuk sayur bening. Olahan masakan lainnya, bisa saja dibuat tumis, omelet, dan keripik daun bayam yang akan dijelaskan dengan panjang lebar berikut ini. Keripik bayam merupakan camilan ringan sehingga tidak cepat membuat kenyang. Sangat cocok disantap saat bersantai dengan anggota keluarga atau saat bekerja.

Cara membuat keripik bayam:
  1. Siapkan daun bayam. 
  2. Siapkan bumbu sesuai selera. Bumbu yang paling sederhana terdiri dari garam dan bawang. Tambahan bahan-bahan lainnya seperti ketumbar, kemiri, kencur bersifat pilihan saja.
  3. Siapkan tepung beras dan air secukupnya.
  4. Bumbu yang sudah halus ditambah air secukupnya saja. Tambahkan tepung beras sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang cukup kental.
  5. Masukkan daun-daun bayam ke dalam adonan. 
  6. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
  7. Goreng daun bayam hingga cukup matang dan garing.
  8. Tiriskan keripik bayam supaya minyak terbuang.
  9. Keripik bayam siap dikonsumsi.
Cara membuat keripik bayam di atas mudah dipraktekkan oleh siapa saja. Bahan-bahannya mudah diperoleh di sekitar rumah. Tanaman bayam mudah tumbuh di pekarangan. Asalkan ia terkena banyak sinar matahari, pertumbuhannya pasti bagus. Keripik bayam juga bisa dijual. Nilai komersialnya cukup tinggi.