Cara Membuat Pakan Lele Alternatif

Cara membuat pakan alternatif yang gampang diperoleh yaitu dengan meramu sendiri dari berbagi bahan yang sudah berbentuk serbuk atau tepung. Bahan-bahan yang dipakai misalnya; tepung ikan, tepung daun, ampas tahu dll. Masing-masing bahan tersebut dicampur dan dibuat menjadi butiran dengan ukuran tertentu. Hasilnya berupa pellet yang bisa terapung maupun tenggelam. Agar komposisi nutrisinya terukur, perlu mengetahui kadar protein dari masing-masing bahan dan berapa porsi bahan-bahan yang dicampurkan.
Budidaya ikan lele
Langsung Hasil Ternak Lele Sangkuriang
Sumber pakan alternatif lainnya yang bisa dipakai, antara lain; maggot atau belatung ampas tahu, keong mas,
telur apkir atau telur yang gagal menetas, bangkai ayam dll. Untuk mencari sumber pakan alternatif tersebut, tentu disesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan tersebut di sekitarnya. Upayakan, penggunaan pakan alternatif tidak menggangu lingkungan sekitarnya. Pasalnya, telur apkir yang direbus akan menghasilkan bau tak sedap dengan radius sampi 50 m. Tentu saja bau tak sedap ini akan mengundang protes dari tetangga sekitar.





Cara membuat pakan lele organik dipilih dari bahan-bahan alami dan memiliki siklus lingkungan yang sehat. Cara penerapannya memang tak mudah. Mula-mula tentu harus bisa menghasilkan sumber pakan alami di kolam yang terdiri dari cacing renik, plankton dll. Pada beberapa waktu kemudian tentu tak bisa mengandalkan sumber pakan alami yang muncul di kolam. Perlu penambahan sumber pakan organik dari luar. Untuk itulah dipakai pakan maggot, cacing tanah dan dedaunan.

Kultur sumber pakan organik bisa memakai ampas tahu, kotoran sapi atau kotoran lainnya. Budidaya keong mas atau bekicot bisa juga dipakai sebagai pakan organik lele. Konsep organik adalah ramah lingkungan, jadi residu hasil budidaya harus terserap kembali ke alam. Misalnya, hasil budidaya cacing tanah selain menghasilkan cacingnya juga kotorannya yang bisa dipakai sebagai pupuk tanaman.

Banyak cara membuat pakan lele alternatif. Hanya saja, sebagai tujuan usaha perlu dipaerhatikan jangka waktu usaha dan harga jualnya. Walau sekilas, harga pakan alternatif berbiaya murah, sebetulnya ada waktu yang harus banyak dikerjakan. Oleh karena itu konsep lele organik sudah sepantasnya dihargai lebih mahal dibandingkan dengan ternak lele dengan pakan pabrik.