Peluang Usaha Ternak Tiktok, Manajemen Pemberian Pakan

Permasalahan yang tak habis-habisnya dalam usaha ternak tiktok adalah soal perawatannya yang meliputi manajemen pemberian pakan, minum dan kontrol harian. Sudah bukan rahasia lagi kalau kunci kesuksesan pemeliharaan tiktok secara intensif ada pada kualitas dan kuantitas pakan. Kunci keberhasilan pemeliharaan juga tak terlepas dari peran serta kemampuan peternak itu sendiri. Idealnya 1 orang pekerja mengurus 2.000 ekor tiktok. Terlalu banyak atau terlalu sedikit jumlah tiktok yang dipelihara akan berakibat kurang efisiennya usaha ternak itu sendiri.
Peluang Usaha Ternak Tiktok, Manajemen Pemberian Pakan
Pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari, pagi dan sore
Pakan untuk tiktok harus bergizi tinggi supaya tumbuh kembang optimal dan kesehatannya tetap terjaga. Pakan yang diberikan harus mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Aturan standar pemberian pakan pada itik yang berumur kurang dari 21 hari membutuhkan pakan berprotein 20%. Pada umur 21-60 hari, kandungan protein dalam pakan diturunkan menjadi 15,5-16%.

Untuk meramu pakan yang tepat dalam usaha ternak tiktok harus berdasarkan pada pedoman syarat-syarat penyusunan ransum pakan tiktok yang sudah baku. Berikan tambahan bahan lainnya ke dalam pakan seperti vitamin atau premix untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dosis premix yang dibutuhkan sebanyak 1% dari total pakan. Contoh, bila berat pakan sebanyak 100 kg, berarti jumlah premix yang diberikan sebanyak 1 kg. Kualitas pakan harus dijaga. Dedak jangan sampai berbau apek. Jangan sampai dedak bercendawan karena bisa mengakibatkan tiktok keracunan atau mengalami gangguan lainnya.

Manajamen pemberian pakan yang baik akan mempercepat tumbuh kembang tiktok. Frekuensi pemberian pakan sebanyak 2 kali sehari. Pada waktu pagi sekitar pukul 07.00-08.00 dan sore hari sekitar pukul 15.00-16.00. Cara pemberian pakan dimulai dari porsi kecil. Seiring dengan tumbuh kembangnya, porsi pakan yang diberikan semakin banyak. Tiktok umur 1 hari diberi pakan dengan porsi 4 gram, seiring bertambah umur dinaikkan porsi pakan 2-3 gram per hari sampai panen tiba.

Contoh formulasi pakan tiktok
Formulasi pakan tiktok masa starter
  • Dedak 50%
  • Konsentrat/tepung ikan 15%
  • Menir/jagung 10%
  • Bungkil kelapa sawit/kedelai 10%

Formulasi pakan tiktok finisher
  • Dedak 65%
  • Konsentrat/tepung ikan 10%
  • Menir/jagung 15%
  • Bungkil kedelai/kelapa sawit 10%

Estimasi pakan dalam usaha ternak tiktok yang diberikan dari awal sampai panen kurang lebih 6 kg per ekor. Pemberian pakan dilakukan 2 tahap, pakan starter untuk tiktok berumur kurang dari 21 hari sebanyak 1 kg, pakan finishing untuk tiktok berumur lebih dari 21-60 hari sebanyak 5 kg. Angka FCR (feed convertion ratio) yang diperoleh bernilai 3 yang artinya untuk memperoleh berat daging 1 kg tiktok dibutuhkan pakan sebanyak 3 kg.

Manajemen pemberian pakan yang lain yaitu berdasarkan kebutuhan. Maksudnya, bila pakan yang diberikan hari ini habis, maka keesokan harinya ditambah 2-3 gram. Sebaliknya, bila nafsu makan turun pada hari itu, esoknya dikurangi 1-2 gram. Metode ini diterapkan pada kasus-kasus tertentu. Cara ini membuat perhitungan pemberian pakan jadi rumit dan perlu pengawasan intensif. Namun, nilai FCR yang diperolehnya bisa lebih rendah.

Penghematan pakan bisa diterapkan dengan pemberian pakan alternatif. Namun, perlu diperhatikan ketersediaan sumber daya di tiap daerah. Pakan alternatif keong mas atau ikan rucah bisa ditambahkan secara bertahap. Untuk pemberian pakan alternatif ikan rucah, sebaiknya direbus terlebih dahulu sebagai upaya pencegahan ancaman penyakit. Untuk keong mas, cukup dicacah-cacah segar. Pemberian pakan rajangan kangkung bisa juga diberikan sebagai selingan. Pakan tambahan ini akan membuat sehat tubuh tiktok dan meningkatkan daya tahan tiktok dari serangan penyakit.

Selain manajemen pemberian pakan tiktok, penting juga diperhatikan pemberian minumnya. Wadah air minum jangan sampai tumpah mengenai tiktok. Air yang tumpah karena tersenggol tiktok bisa membasahi tubuhnya sehingga kedinginan dan akhirnya mudah terserang penyakit. Air tumpah juga mengakibatkan lantai basah dan lembab yang membuat kandang berbau tak sedap. Lantai kandang basah juga menimbulkan tumbuhnya cendawan penyebab beragam penyakit. Untuk mengatasi lantai basah ini, tambahkan sekam secara berkala.

Wadah pakan dan air minum harus sering diganti supaya tak kotor. Sisa-sisa pakan yang menempel di wadah pakan bisa berbau apek dan mudah ditumbuhi jamur. Pakan seperti ini bisa tertelan oleh tiktok dan bisa mengakibatkan gangguan pada tubuh tiktok.

Lakukan pengawasan rutin pada tiktok-tiktok, terutama kesehatannya. Awasi juga tiktok yang mungkin terjepit di bilah-bilah sekat atau tiktok yang terus-menerus diam di pojok kandang. Tiktok ini sedang sakit sehingga perlu di karantina di kandang tersendiri. Kontrol juga lampu penghangat supaya tetap menyala.

Tiktok yang sudah berumur 21 hari harus disortir berdasarkan ukurannya. Tiktok yang berukuran besar dikelompokkan tersendiri. Yang berukuran kecil juga dikelompokkan tersendiri. Dengan penyeragaman ukuran ini akan memudahkan perhitungan pemberian pakan dan mencegah persaingan tak sehat dalam memperoleh pakan.


Tiktok memiliki naluri mengenal majikannya yang sering memberi pakan. Kehadiran orang asing yang akan memberikan pakan bisa membuat tiktok-tiktok stress yang ditandai dengan lari kesana kemari. Stress bisa mengakibatkan nafsu makan menurun. Suara bising dan gaduh juga membuat stress tiktok sehingga perlu dijaga suasana kandang dari aktivitas-aktivitas ekstrim manusia. Dengan penerapan manajemen pemberian pakan yang baik dalam usaha ternak tiktok, peluang keberhasilan beternak ada di depan mata.

 BELI