Peluang Usaha Ternak Tiktok, Penyakit Salmonellosis dan Cara Penanggulangannya

Untunglah dalam usaha ternak tiktok, para peternak tak menemui kendala berarti dalam hal soal penyakit. Berdasarkan pengalaman para peternak tiktok, angka kematiannya hanya berkisar 2-5% selama pemeliharaan. Penyebab kematiannya juga bukan disebabkan penyakit. Lebih banyak disebabkan oleh hal-hal teknis seperti terjepit di bilah-bilah bambu atau tertindih oleh teman-temannya. Walaupun begitu, bukan berarti peternak meremehkan ancaman penyakit. Peternak tetap harus mewaspadai ancaman penyakit yang mungkin sewaktu-waktu datang atau mewabah.
Peluang Usaha Ternak Tiktok, Penyakit Salmonellosis dan Cara Penanggulangannya
Sanitasi kandang harus selalu bersih
Beberapa penyakit yang bisa menyerang tiktok, antara lain; salmonellosis, botulismus, mikotoksitas, dan cacingan. Untuk sesi ini kita membahas penyakit salmonellosis.

Salmonellosis
Sumber penyebabnya adalah sejenis bakteri Salmonella. Jenis bakteri ini mudah menular. Cara penularan bisa saja sejak saat masih telur karena adanya carrier. Contoh carrier yaitu bahan-bahan di sekitarnya yang terbawa dari luar ke dalam kandang. Bahan-bahan tersebut bisa saja dari sepatu pekerja, kantung ransum, sekam atau tikus. Kotoran tiktok yang meengandung salmonella juga bisa pembawa penyakit bila termakan tiktok.

Bila telur tercemar salmonella, saat ditetaskan, embrio akan mati pada hari ke-18 saat berada di dalam incubator. Bila berhasil menetas, anak tiktok akan tampak tertekan, nafsu makan turun, menyendiri, berak putih melekat di bulu anus. Tiktok yang masih lolos dari kematian akan tampak lemah dan badan gemetar.

Untuk menanggulangi penyakit salmonellosis, kebersihan kandang harus terjaga. Cegah unggas-unggas lain atau hewan-hewan liar masuk ke dalam kandang. Selalu jaga kebersihan wadah pakan dan minum supaya jangan sampai tercemar oleh kotoran tiktok. Untuk tiktok yang terlanjur terserang penyakit salmonellosis segera saja di karantina atau dibakar supaya tidak menulari tiktok-tiktok lainnya. Untuk pengobatan bisa menggunakan Furaltodone.


Selalu memperhatikan kondisi sanitasi kandang merupakan salah satu cara memperbesar peluang kesuksesan usaha ternak tiktok. Bakteri yang merupakan organisme mikrosopis mudah berkembangbiak pada lingkungan yang fluktuatif. Oleh karena itu, selalu menjaga kondisi kandang hangat, lantai kandang kering, sirkulasi udara lancar akan menghambat perkembangbiakan bakteri dan jamur. Lakukan disenfektan pada alat-alat kerja yang dipakai pekerja seperti sepatu, alat pembersih, wadah pakan, wadah minum dll.

 BELI