Cara Melebatkan Buah Tabulampot Jambu Citra Dengan Teknik Ringing

Cara melebatkan buah tabulampot jambu citra dengan teknik ringing berikut ini cocok bagi Anda yang senang bereksperimen dan berani ambil risiko. High risk high gain, itulah pepatah yang tepat untuk teknik ringing ini. Bila berhasil, puluhan buah berwarna merah merona akan bergelayutan pada tajuk tabulampot jambu citra. Bila gagal, tabulampot akan tampak tumbuh merana.
Cara Melebatkan Buah Tabulampot Jambu Citra Dengan Teknik Ringing
Pilih bibit berkualitas dari perbanyakan sambung pucuk
Tabulampot yang berselimut buah akan selalu menjadi daya tarik utama. Tak perlu heran kalau harganya bisa mencapai Rp 4 juta. Butuh perlakuan khusus untuk memperoleh kondisi prima seperti itu. Apalagi tanaman yang tumbuh di dalam wadah terbatas. Karena keterbatasn wadah inilah yang membuat para penangkar atau hobiis main paksa terhadap tanaman tersebut supaya bisa berbuah lebat.

Cara melebatkan buah tabulampot jambu citra teknik ringing telah dipraktekkan di Taman Buah Mekarsari, Cieulengsi, Bogor. Pada perlakuan ini dibuat keratan pada batang tanaman supaya kadar pati di tajuk meningkat dan sintesis hormon di bagian akar terganggu. Hal lainnya yang perlu diperhatikan supaya peluang keberhasilan tinggi yaitu pemilihan bibit, komposisi media tanam dan perawatan selama tumbuh kembangnya juga butuh porsi perhatian yang sama.
Cara Melebatkan Buah Tabulampot Jambu Citra Dengan Teknik Ringing
Dengan perlakuan yang benar, ukuran buah bisa besar dengan rasa renyah dan manis
Bibit yang dipilih sebaiknya berasal dari hasil perbanyakan sambung pucuk dan cangkokan. Kedua bibit tersebut bisa menghasilkan buah dengan cepat hanya dalam waktu 2-3 tahun. Untuk bibit yang berasal dari sambung pucuk, pastikan batang bawahnya berasal dari tanaman yang sehat. Akan lebih baik, batang bawah tersebut dari jenis jambu neem atau mawar yang mudah menyatu dengan jenis jambu lain.

Untuk bisa melebatkan buah tabulampot jambu citra, gunakan media tanam yang cocok, terdiri dari tanah, pupuk kandang dan sekam lapuk dengan perbandingan komposisi 1:2:3. Banyaknya media tanam yang diberikan tentu disesuaikan dengan ukuran wadahnya. Porsi sekam lapuk yang diberikan lebih banyak supaya drainase lancar. Untuk pot ukuran 100 liter, tiap 3 bulan sekali dibenamkan 30 gram pupuk NPK 15:15:15 yang diberikan di bagian tepi pot. Tiap 6 bulan sekali, lakukan penambahan media tanam yang baru.

Berikan pupuk daun organik yang kaya hara makro dan mikro tiap bulan. Lakukan penyemprotan pupuk daun ke seluruh daun. Waktu penyemprotan yang terbaik yaitu pagi hari supaya hara tambahan tersebut bisa efektif termanfaatkan oleh tanaman. Untuk penyemprotan pestisida pemberantasan hama penyakit dilakukan sesuai kebutuhan. Untunglah, jambu citra relatif tahan banting terhadap hama penyakit.

Cara melebatkan buah tabulampot jambu citra dengan teknik ringing
Persyaratan utama tentunya tanaman harus dalam kondisi sehat, tajuk rimbun, membulat dan berukuran pendek. Untuk memperoleh kondisi tanaman seperti ini perlu dilakukan pemangkasan rutin. Perlakuan ini dilakukan setelah jambu dipindah ke pot selama sebulan. Bagian tunas air, cabang-cabang, ranting kering atau sakit dipangkas. Cabang atau ranting yang tumbuhnya tumpang tindih dijarangkan, terutama pertumbuhannya yang mengarah ke dalam.

Perhatikan pertumbuhan akar yang terlihat di atas permukaan tanah. Jika sudah terlalu menggerombol dan menyembul segera saja lakukan pemangkasan. Caranya, gali media tanam sedalam 15 cm, akar-akar yang sudah terlalu rapat ini tinggal dipangkas. Untuk akar tunggang juga dilakukan pemangkasan. Dalam perlakuan ini berbarengan dengan penggantian media tanam dan pemangkasan tajuk.

Saat menginjak usia produktif (kurang lebih 2 tahun sejak bibit ditanam), tabulampot siap dirangsang pembungaannya. Beri ppuk SP36 sebanyak 5 gram dan KCL sebanyak 10 gram. Setelah dibiarkan selama 2 minggu baru dilakukan perangsangan pembungaan. Caranya, kulit batang yang terletak sekitar 10 cm dari atas permukaan tanah dikerat (inilah yang disebut teknik ringing). Pengeratan ini jangan sampai menghilangkan lapisan kambiumnya. Perlakuan ini akan mengganggu proses fisiologis tanaman. Nutrisi hasil fotosintesis yang seharusnya terangkut dari tajuk ke bagian akar akan terhambat sehingga tanaman menjadi stress dan sintesis hormon sitokinin pada perakaran akan terganggu.

Cara mengeratnya yaitu mengelupas kulit batang secara melingkar sebanyak 2 alur yang dibuat berlawanan arah secara melintang. Tiap alur hanya 2/3 lingkaran batang yang dikelupas. Jarak antar alur sekitar 1 cm. Dengan dibuat kondisi stress akan merangsang jambu citra untuk berbunga.

Dua minggu setelah perlakuan teknik ringing, penyiraman dihentikan hingga tanaman tampak layu. Setelah itu, lakukan penyiraman 2 kali sehari dengan cara menyemprotkan air ke tajuk, hingga butiran-butiran air yang jatuh layaknya hujan.  Dua minggu kemudian tanaman mulai berbunga. Selama masa pembungaan dan pembuahan, tunas baru dibuang supaya tanaman terkonsentrasi pada pertumbuhan generatifnya saja.

Bila buah-buah sudah pentil, disisakan hanya 5-7 buah tiap dompolan supaya ukurannya maksimal. Buah yang tampak tak sempurna dan sakit dibuang. Pilih buah yang posisinya lurus dengan tangkai. Buah-buah yang terpilih ini selanjutnya dibungkus dengan kertas koran atau plastik. Tujuannya supaya tetap mulus sampai matang. Pembungkusan ini diberi lubang supaya sirkulasi udara lancar. Cara ini bisa memperbesar ukuran buah.

Untuk menciptakan rasa jambu citra yang renyah dan manis, kurangi penyiraman 1 minggu sebelum buah dipanen. Setelah pemanenan total, tanaman bisa berbunga lagi. Kondisi ini bisa berlangsung hingga 4 kali dari bulan Juli-Agustus. Namun, pembuahan yang optimal dilakukan hanya 2 kali saja lantaran bila lebih dari itu kualitas buahnya akan menurun.

Pada musim pembuahan mendatang, kondisi seperti ini akan terulang lagi. Supaya memaksimalkan ukuran buah dan rasanya, perlu dilakukan pemangkasan berat. Hanya batang utama dan cabang utama yang dipertahankan. Lakukan pemangkasan akar dan penambahan media baru. Lakukan penambahan pupuk berkadar nitrogen tinggi. Perawatan dan pemeliharaan dilakukan seperti biasanya. Dengan perlakuan cara melebatkan buah tabulampot jambu citra dengan teknik ringing, dijamin pada tahun berikutnya jambu citra bisa berbuah lebat lagi.