Usaha Ternak Tiktok (itik mentok), Itik Lokal VS Itik Peking

Sukes usaha ternak tiktok tak lepas dari kemampuan teknis beternaknya. Mulai dari pemilihan jenis itik pedaging, teknis cara pemeliharaan, pengendalian penyakit dan perlakuan tiktok siap panen. semua faktor yang disebutkan itu saling berkaitan sehingga harus benar-benar diperhatikan betul sesuai SOP (standar operasional prosedur).
Usaha Ternak Tiktok (itik mentok), Itik Lokal VS Itik Peking
Itik peking, hanya butuh waktu 2,5 bulan saja sudah berbobot 4-4,5 kg/ekor
Ada banyak jenis itik pedaging yang bagus untuk diternakan sebagai pedaging, antara lain; itik lokal, itik peking, itik aylesbury, itik muskovy, alabio dan itik persilangan. Di masyarakat Indonesia masih memilih itik lokal sebagai itik pedaging sekaligus petelur. Peternak akan melakukan seleksi pada itik lokal pemeliharaannya. Bila itik berkelamin betina, akan dibesarkan sebagai itik petelur. Jika itik berkelamin jantan, akan menjadi itik pedaging. Bila itik betina telah tak produktif bertelur, nantinya menjadi itik pedaging.

Pembesaran itik lokal jantan ternyata memakan waktu yang lama. Pemeliharaan selama 2 bulan, baru bisa mencapai bobot 0,9-1,0 kg. Oleh karena itu, tak mengherankan kalau di pasaran lebih banyak itik lokal betina sebagai pedaging. Seperti kita ketahui bersama, itik lokal betina merupakan itik afkiran yang produktivitas telurnya sudah sangat menurun. Wajarlah kalau dagingnya terasa alot dan berbau amis.

Itik peking sudah populer menyandang itik pedaging unggul di antara semua itik-itik lainnya. Itik yang berasal dari Tiongkok ini sudah tersebar luas ke seluruh dunia. Keunggulan itik pedaging ini, bersosok besar, bobot bisa mencapai 4-4,5 kg per ekor dengan pemeliharaan selama 2,5 bulan. Daging itik peking bertekstur lembut dan berwarna kuning. Sayangnya, untuk memperoleh bibit itik peking terbilang sulit. Lebih sulit lagi sejak pemerintah Tiongkok telah melarang ekspor itik ini sejak adanya wabah flu burung melanda negeri tirai bambu ini.

Setiap jenis itik pedaging sebenarnya memiliki peluang usaha ternak dengan prospek tinggi. Namun, peternak harus fokus pada salah satu jenis pilihan itik pedaging karena tiap usaha membawa konsekuensi untung-rugi bagi peternak itu sendiri. Apalagi masing-masing karakter jenis itik memiliki kekhasan dalam teknis budidayanya. Lama pengusahaan yang singkat bukan berarti selalu untung. Demikian pula sebaliknya, lama pengusahan yang butuh waktu panjang bukan berarti tak bisa untung. Pintar-pintarlah memanajemen karakteristik hewan-hewan ternak.



Artikel terkait
Peluang usaha ternak tiktok, 2 bulan panen
Potensi ternak itik aylesbury, muskovy dan persilangan itik lokal
Cara menangani day old duck (DOD)
Cara membuat kandang tiktok
Cara merawat tiktok umur kurang dari 21 hari
Manajemen pemberian pakan tiktok
Atasi penyakit salmonellosis pada tiktok
Atasi penyakit botulismus, mikotoksitas, dan cacingan pada tiktok
Cara memanen dan memasarkan tiktok