Peluang Usaha Ternak Tiktok, Penanganan DOD

Untuk memulai usaha ternak tiktok, kemampuan penangan DOD (day old duck) haruslah dikuasai. Karena, manfaat yang bisa dirasakan sangat banyak. Apalagi peternak bisa sampai menghasilkan DOD sendiri. Peternak bisa mengawinsilangkan indukan sesuai dengan kebutuhan. Konsekuensinya, peternak memiliki parent stock yang cukup banyak. Dan untuk mendatangkan parent stock yang cukup memang butuh modal yang cukup banyak pula.
Peluang Usaha Ternak Tiktok, Penanganan DOD
DOD
Cara paling praktis sebenarnya membeli DOD dari breeder yang sudah bereputasi baik. DOD yang diambil dari breeder bereputasi baik sudah terjamin kualitas dan kontinyuitasnya. Peternak tinggal memperhatikan ciri-ciri DOD yang berkualitas unggul. Ciri-cirinya, badan tampak tegap, warna bulu mengkilap, lincah, tidak cacat dan ukuran relatif seragam. DOD yang berkualitas jelek dicirikan dengan bulunya kusam, mata sipit, kepala agak menjulur, kaki dingin dan pucat, kepala botak. Untuk DOD yang bagian duburnya kotor dan selalu tampak basah juga jangan dipilih walau tampak sehat.

Pada saat pengepakan DOD, gunakan kotak karton yang biasa diperuntukan DOC (day old chicken). Kotak karton ini berdimensi 50 cm x 60 cm x 15 cm yang bisa menampung 100 DOD. Namun, jumlahnya harus diperhitungkan dengan jarak tempuh sampai ke tempat tujuan usaha ternak tiktok. Bila jarak tempuh yang harus dilakukan memakan waktu 24 jam, berarti dalam satu kota sebaiknya diisi hanya sekitar 60 ekor. Bila jarak tempuh bisa kurang dari 24 jam, kotak tersebut bisa diisi DOD sebanyak 80 ekor. Jangan sampai berlebih, karena bisa mengakibatkan kematian masal.

Sesampainya di tempat tujuan, keluarkan DOD dari kotak supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan baru ini. Berikan air minum dalam jumlah yang cukup untuk membasahi tenggorokan DOD. Setelah itu beri juga dedak supaya pencernaannya terbiasa. Barulah setelah adaptasi cukup diberi pakan starter.

Penanganan DOD dalam usaha ternak tiktok harus sesuai SOP (standar operasiona prosedur). Ketepatan dan kedisiplinan dalam penanganannya akan membuat DOD sehat sehingga teknis pemeliharaan selanjutnya bisa dilakukan secara tepat dan mudah diprediksi. Karena nantinya berdampak pada hasil akhir panen dan biaya-biaya yang harus dikeluarkan selama pemeliharaan berlangsung.


Artikel terkait
Peluang usaha ternak tiktok, 2 bulan panen
Potensi ternak itik lokal vs itik peking
Potensi ternak itik aylesbury, muskovy dan persilangan itik lokal
Cara membuat kandang tiktok
Cara merawat tiktok umur kurang dari 21 hari
Manajemen pemberian pakan tiktok
Atasi penyakit salmonellosis pada tiktok
Atasi penyakit botulismus, mikotoksitas, dan cacingan pada tiktok
Cara memanen dan memasarkan tiktok