Perbanyakan tanaman kemuning (Murraya paniculata) dengan biji

Perbanyakan tanaman kemuning yang paling mudah yaitu dengan bijinya. Keberhasilan perbanyakan seperti ini tinggi. Tinggal mengambil biji kemuning yang masak. Kemudian, ditanam pada media tanah. Beberapa hari kemudian biji berkecambah.

Tanaman kemuning (Murraya paniculata) termasuk tanaman hias. Sosok tanaman perdu berkayu ini memiliki keunggulan pada buah dan bunganya. Kemuning rajin berbunga dan berbuah. Bunganya berbau harum semerbak. Sangat baik untuk aromaterapi. 


Cabang-cabangnya yang mudah tumbuh bisa dijadikan sebagai pagar hidup, topiori (pohon indah) atau bonsai. Batang dan cabangnya termasuk liat dan lunak sehingga mudah dibentuk. Kemunculan bunga dan buah akan memberikan nilai tambah bonsai kemuning.
Buah kemuning

Untuk memperoleh bakalan bonsai kemuning dapat menggunakan cara biji dan cangkok. Cara perbanyakan biji seperti yang sudah diuraikan sebelumnya. Cara cangkok, mudah juga dilakukan. Tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi. 

Sayangnya, pertumbuhan dan perkembangan batangnya termasuk lambat. Untuk memperoleh batang sebesar dua jari diperlukan 3-4 tahun lamanya yang ditanam di dalam tanah. Jika dipaksakan sejak kecil ditanam di tempat terbatas, tumbuh kembangnya sangat lambat. Butuh bertahun-tahun.