Taman tropis (Tropical garden)

Ciri khas taman tropis atau tropical garden yaitu kaya dengan beraneka jenis tanaman. Jenis-jenis yang ditanam juga khas dari daerah tropis. Jenis-jenis tanaman yang biasa ditemui di daerah tropis, antara lain; beringin (Ficus sp.), mangga, rambutan, petai, jambu biji dll. Taman rumah di dalam video ini diambil di rumah pribadi saya sendiri. Lokasi: Beji, RT 04/01 Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah.



Taman rumah didominasi oleh topiori dari jenis beringin. Jenis-jenis tanaman lain yang bisa dibuat topiori, antara lain: serut, hokian tea, teh-tehan, asam jawa, savitri, pangkas kuning, sisir dll. Supaya topiori tampil cantik, tanaman harus rutin dirawat. Diperlukan perawatan yang intensif. Jika perawatan sampai terlambat, bentuk topiori akan rusak. Deretan topiori akan memberi kesan seperti penampakan hutan hujan tropis.
Taman tropis juga diberi nuansa tanaman berbunga yang asli dari daerah tropis. Jenis-jenis tanaman berbunga yang bisa dipilih, antara lain; anggrek tanah, bunga kenop, bunga tembelekan, bunga nona makan sirih, bunga mawar dll. Usahakan warna bunga dipilih yang berwarna cerah seperti merah, ungu, kuning, pink. Warna-warni bunga ini akan memberikan nuansa ceria pada taman rumah.
Taman tropis berisi jenis-jenis tanaman khas tropis

Di Beji, curah hujan sangat tinggi. Hal ini membuat pertumbuhan vegetatifnya lebih dominan dibandingkan dengan pertumbuhan generatifnya. Ukuran daun berbagai jenis tanaman cenderung lebih besar dan berwarna hijau lebih terang. Keetebalan daunnya juga lebih tipis. Jenis-jenis tanaman talas-talasan sangat mudah tumbuh seperti sente, talas lendra, talas ungu dll. 

Pada taman tropis, sangat disarankan ditanam jenis tanaman berbuah seperti mangga, jambu, rambutan dan petai. Pilih tanaman buah-buahan yang berasal dari perbanyakan okulasi. Tanaman ini memiliki sosok yang relatif pendek dan rajin berbuah. Sangat baik sekali, jika buah-buahan tersebut berwarna cerah seperti merah, ungu atau kuning. Warna-warni buah ini akan memberi nuansa cerah pada taman rumah Anda.
Kupu-kupu yang akan hadir dengan sendirinya di taman tropis kita

Pemberian elemen keras pada taman rumah juga bisa memberi kesan anggun dan alami. Beri bebatuan alami pada beberapa titik taman. Bisa juga dibuatkan kolam untuk taman rumah. Kolam bisa berupa kolam bersemen maupun kolam plastik yang tertanam ke dalam kolam. Pastikan sirkulasi air kolam lancar dan membuat sehat ikan-ikan yang hidup di dalamnya.

Taman rumah bergaya tropis dapat memberikan rasa sejuk dan segar di sekitar rumah. Sebagai hunian yang nyaman dan sehat, gaya taman ini sangat dianjurkan bagi Anda.

Baca juga :
Memisahkan anakan palem merah
Memperbanyak palem merah
Indukan palem merah
Membuat topiori (pohon indah)
Budidaya palem merah
Menanam kemuning (Murraya paniculata)
Membuat bakalan bonsai kemuning dari biji
Budidaya sanseviera atau lidah mertua