Resep Kue Tradisional, Enak Dan Gurih

Berikut ini resep kue tradisional yang hampir sulit dijumpai lagi di pasar-pasar tradisional. Bagi anak-anak jaman sekarang, nama-nama kue berikut ini mungkin sudah terdengar asing atau tak pernah mendengar lagi namanya. Kue talam, ketimus bulgur, biji salak dan kue nona manis.

Bahan-bahan untuk membuat kue-kue tersebut dominan dari sumber karbohidrat seperti tepung beras, singkong dan ubi. Untuk menciptakan rasa gurih, peran kelapa sangat penting. Mulai dari santannya, gula kelapa hingga parutan kelapa. Seperti yang telah kita ketahui bersama, kelapa mengandung lemak nabati yang cukup banyak. Bau kelapa juga terasa wangi dan segar.

Berikut ini resep kue tradisional yang bisa Anda buat di rumah.

Kue Talam
Bahan-bahan:
1,5 mangkok tepung beras
1/2 mangkok tepung kanji
2,5 mangkok santan kental
1 mangkok gula merah yang sudah dimasak sampai kental
Garam, pandan (diambil sarinya) atau bisa juga memakai panili

Cara membuat:
Semua bahan diaduk-aduk dan dipanaskan di atas api sedang. Aduk-aduk terus sampai mengental. Namun, apabila Anda memilih cara pengukusan, bahan-bahan tersebut tidak perlu sampai matang. Cukup terasa sedikit kental saja. Siapkan loyang yang telah diusap dengan air dingin.Tuang adonan ke dalam loyang. Biarkan mendingin. Sementara itu, siapkan bagian atasannya dengan campuran 1 mangkok santan kental, 1 sendok makan tepung kanji, 1 sendok makan tepung beras, pandan dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut disatukan dan dimasak dengan api sedang sampai kental. Setelah kental, baru dituangkan ke atas kue talam. Resep kue tradisional menggunakan bahan-bahan yang segar dan mudah diperoleh di warung-warung atau toko kue.

Ketimus Bulgur
Bahan-bahan:
2 mangkok bulgur masak
1 mangkok parutan kelapa muda
1,5 mangkok irisan gula merah
Garam, kayumanis bubuk dan panili
Cara membuat:
Campur semua bahan sampai rata. Selanjutnya, ambil sesendok-sesendok adonan ke atas lembaran daun pisang. Lipat seperti layaknya membuat lontong. Kukus selama kurang lebih setengah jam atau sampai matang.

Biji Salak
Bahan-bahan:
1 kg ubi merah yang telah dikukus. Ubi kukus ini dikupas.
1 mangkok tepung beras atau terigu
1 mangkok irisan gula merah
3 mangkok air
1 mangkok santan kental
Garam, daun pandan secukupnya
Cara membuat:
Ubi digiling halus. Tambahkan sedikit garam dan tepung. Remas-remas campuran tersebut sampai merata. Buat bentuk bulat-bulat seukuran kelereng. Sementara itu, masak gula merah, air, santan dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan bulatan-bulatan ubi ke dalam kuah santan tersebut. Bualatan-bulatan ubi yang mengapung berarti sudah matang. Angkat dan sajikan bersama dengan kuahnya. Akan lebih cantik bila ditambahkan parutan kelapa muda yang telah diberi garam sedikit. Resep kue biji salak ini sangat baik diperkenalkan pada anak-anak zaman ini karena kue biji salak sulit dijumpai di pasar-pasar.

Kue Nona Manis
Bahan-bahan:
1 mangkok parutan singkong
1/3 mangkok parutan kelapa muda
Garam
Air secukupnya
Gincu merah dan gincu hijau
Unti
Cara membuat:
Bahan parutan singkong, kelapa dan garam dicampur jadi satu. Bila adonan terasa kering bisa ditambahkan air secukupnya. Beri warna merah. Siapkan panci dan berisi air yang sudah mendidih. Ambil tutup panci. Ambil sedikit adonan singkong dan pipihkan adonan pada sisi bagian dalam penutup panci. Setelah merata, kembalikan tutup panci kembali ke semula. Biarkan selama 5-7 menit sampai adonan singkong matang. Angkat tutup panci, ambil lembaran singkong masak, taruh unti di tengah-tengahnya dan gulung layaknya sedang membuat dadar gulung. Resep kue tradisional yang bisa dicoba dibuat di rumah Anda. Cocok dibuat bersama-sama dengan semua anggota keluarga Anda.