Ternak Ikan Mas Segmen Pembenihan Perputaran Uang Cepat

Ternak ikan mas sudah dilakoni oleh masyarakat luas sejak lama. Tak hanya karena keindahan tubuhnya saja yang mempesona, rasa dagingnya juga disukai oleh masyarakat. Masakan pepes ikan mas, pecak, ikan bakar mas terasa sangat lezat. Permintaan pasar yang tinggi direspon para pembudidaya ikan dengan antusias. Mulai dari segmen pembenihan, pendederan hingga pembesaran berpotensial meraup laba tinggi.
Ternak ikan mas segmen pembenihan
Kolam pendederan ikan mas
Jenis-jenis ikan mas yang dibudidayakan, antara lain; tombro (berwarna hijau), punten (warna hijau biru, punggung lebih tinggi), mas (berwarna kuning), si nyonya (berwarna jingga) dan majalaya (berpunggung tinggi dan cepat tumbuh). Ikan mas mudah memijah secara alami. Pemijahan secara buatan pun bisa dilakukan dan bisa menghasilkan anakan dengan kualitas bagus. Ikan mas sudah bisa mulai memijah sejak berumur 1,5 tahun.

Demi kesuksessan ternak ikan mas, perlu diperhatikan beberap hal, antara lain; kolam pemijahan yang memenuhi persyaratan untuk memijah, hindari perkawinan dalam satu keturunan, untuk pendederan digunakan kolam tanah, perairan kolam harus subur dan kaya dengan pakan alami. Penggunaan kolam tembok atau tanah yang bisa dikeringkan sangat bagus untuk pemijahan. Pasalnya, ikan mas akan terangsang untuk segera memijah setelah mencium bebauan tanah yang sehabis dikeringkan.

Untuk segmen pembenihan, diperlukan 3 jenis kolam yaitu kolam perawatan induk, kolam pemijahan dan kolam pendederan. Ukuran kolam perawatan induk 30 meter persegi, ukuran kolam pemijahan 20 meter persegi dan kolam pendederan 50 meter persegi. Jumlah kolam perawatan induk cukup 1 saja, kolam pemijahan sebanyak 3 dan kolam pendederan sebanyak 8 hapa. Kolam harus bersirkulasi dengan kadar oksigen terlarut tinggi.

Pelaku ternak ikan mas menyediakan indukan sebanyak 15 pasang, peralatan memijah seperti kakaban dan test kit. Pakan untuk indukan yang mengandung protein 28-30% dengan takaran 2-3% dari total berat ikan yang dipelihara. Frekuensi pemberian pakan sebanyak 3 kali sehari. Untuk pakan burayak atau larva gunakan suspense telur kuning selama 5 hari. Tambahkan juga pakan alami seperti artemia dan cacing sutra. Pakan untuk benih berukuran 5-7 pakai pellet tepung. Supaya perairan subur, beri pupuk kandang sebanyak 200 gram per meter persegi dan kapur sebanyak 150 gram per meter persegi.

Rasio perbandingan indukan 2 pejantan dan 1 betina. Indukan bisa memijah sebanyak 3-4 kali dalam setahun untuk tiap indukan betina. Dengan demikian potensi telur yang dihasilkan sekitar 20 ribu butir dengan survival rate sekitar 60%. Dalam satu tahun bisa dihasilkan anakan ikan mas sebanyak 540 ribu ekor. Tiap periode usaha pembenihan butuh waktu 2-3 bulan.

Dari asumsi-asumsi di atas, ternak ikan mas akan menghasilkan keuntungan besar sampai puluhan juta Rupiah. Asalkan tidak mengalami kendala tak berarti seperti penanganan kolam yang tidak baik, wabah herpes dll. Sejak ikan mas berukuran 5-7, ikan mas sudah diminta oleh pasar baik dari peternak pembesaran sampai dengan home industri yang membuat olahan ikan goreng crispy balita.