Pemilihan Tepat Lokasi Kolam Ternak Ikan Gurame

Siapa saja bisa ternak ikan gurame kok…bahkan bagi mereka yang bermodal cekak. Usaha penetasan telur hingga ukuran benih biji oyong patut dicoba. Peternak tinggal menyiapkan kolam terpal, akuarium dan pakan alami (cacing sutra atau artemia). Hanya perlu ketekunan dan ketelatenan dalam merawat benih-benih baru menetas ini. Lahan yang diperlukan juga tidak dituntut luas. Halaman rumah pun bisa dipakai, asalkan memenuhi syarat untuk penetasan telur dan perkembangan juvenile.

Bagi yang bermodal besar, segmen pendederan sangat menggiurkan dengan tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan penetasan telur. Pilihan segmen pendederan banyak mulai dari pendederan ukuran kuku, ukuran silet, ukuran korek, ukuran rokok. Ditambah pembesaran ukuran konsumsi (400-600 gram/ekor).
Kolam ternak ikan gurame
Lokasi kolam ternak ikan gurame yang cocok
Laba besar dari budidaya ikan gurame
Cara cepat panen ternak ikan gurame
Tepat membuat kolam gurame supaya cepat panen
Kualitas air penentu keberhasilan budidaya gurame
Pilih benih gurame berkualitas agar cepat panen
Segmen telor gurame, laba paling tinggi
Laba besar segmen usaha benih gurame biji oyong
Laba besar segmen pendederan gurame
Laba besar segmen usaha pembesaran gurame
Jitu atasi penyakit yang menyerang gurame
Pemanenan gurame
Persyaratan-persyaratan yang harus diperhatikan bagi yang berminat ternak ikan gurame, antara lain; pemilihan lokasi, konstruksi kolam, benih yang berkualitas, perawatan dan pemeliharaan yang benar. Semua persyaratan tersebut sebisa mungkin harus terpenuhi supaya keberhasilan budidaya bisa tercapai.

Pemilihan lokasi kolam ternak ikan gurame
Memelihara gurami termasuk mudah. Ikan ini mudah beradaptasi di segala perairan, asalkan tidak mengandung polutan racun. Namun, untuk keperluan budidaya yang tujuan akhirnya laba, tentu tidak sembarang lokasi dipilih. Ikan gurame akan berkembang dengan baik pada daerah yang berketinggian 20-400 m dpl. Semakin tinggi suatu tempat, tumbuh kembangnya semakin melambat. Sampai dengan ketinggian 800 m dpl, ikan ini masih bisa hidup.

Lokasi ternak ikan gurame sebaiknya bersuhu 25-28 derajat celcius. Namun, perhatikan fluktuasi suhu harian di tempat tersebut. Jangan terlalu tinggi. Menurut teori, fluktuasi suhu harian sebaiknya tidak lebih dari 5 derajat celcius. Bila lebih dari itu, ikan akan mudah stress dan kondisi fisiologis ikan mudah terganggu.

Lingkungan perairan kolam bisa direkayasa sehingga sesuai dengan kehidupan gurame. Bagi yang berminat ternak ikan gurame bisa berinovasi dengan menaikan dan menurunkan air kolam. Terutama pada saat suhu udara begitu panas karena teriknya matahari. Pada waktu suhu udara begitu panas, air kolam dinaikan 10-20 cm yang biasanya hanya berkedalaman 70-80 cm. pada waktu suhu udara dingin saat sering hujan turun, menurunkan kedalaman air kolam bisa menaikkan suhu air kolam.

Perhatikan kualitas air kolam supaya ikan-ikan bisa tumbuh dan berkembang lebih baik. Air harus mengandung mineral dan zat-zat hara yang cukup bagi kebutuhan ikan gurame. Jumlah pakan alami di kolam bisa mencukupi kebutuhan kehidupan ikan. Terutama bagi benih-benih gurame yang masih berukuran kecil-kecil.

Supaya ternak ikan gurame berhasil, persyaratan kandungan oksigen terlarut juga harus terpenuhi untuk kehidupan ikan. Memang, ikan gurame memiliki organ labirin yang memungkinkan dirinya bisa mengambil oksigen langsung dari udara. Derajat kemasaman (pH) air yang baik untuk memelihara ikan antara 6,5-7. Tingkat kesadahan air 7 derajat HD. Dan yang terpenting, air tidak tercemas zat-zat polutan yang mematikan ikan.

Gurame menyukai kondisi air kolam yang agak jernih dan kaya plankton. Air kolam yang berwarna hijau menandakan kaya plankton. Air kolam seperti ini bisa diciptakan dengan memberikan pupuk kandang dan kultur mikroba probiotik ke dalam kolam. Hindari penumpukan sisa-sisa pakan pabrikan di dasar kolam. Proses penguraian sisa-sisa pakan ini akan menghasilkan gas-gas yang meracuni ikan. Pemberian pakan alami seperti hijauan sangat dianjurkan karena gurame sangat menyukai protein nabati dari daun sente, keladi, kangkung, jenis-jenis herba dll. Dengan pemilihan yang tepat lokasi kolam, keberhasilan ternak ikan gurame bisa tercapai.