Cara Pilih Benih Berkualitas Cepat Panen Budidaya Ikan Gurame

Sukes budidaya ikan gurame ditentukan oleh benih-benih yang diambil. Untuk keperluan konsumsi, jelas dipilih dari jenis gurame pedaging. Jenis yang termasuk pedaging ini yaitu gurame soang. Tumbuh kembangnya cepat, banyak disukai konsumen, pemasaran stabil. Jenis-jenis lainnya seperti paris, safir, merah, jepang layak juga dipilih. Selain ditentukan jenisnya, benih juga harus dalam kondisi bagus yang dapat diamati dari kesehatannya, fisik luar dan perilaku ikan itu sendiri.

Benih gurame yang bagus memiliki ciri-ciri sebagai berikut: gerakan renang lincah, sisik-sisiknya tampak mengkilap, tidak ada cacat atau tampak baru saja terkena penyakit, berukuran seragam. Benih yang berukuran seragam lebih menghemat pakan dan memudahkan perhitungan kepadatan tebar di dalam kolam.
Benih gurame ukuran sebiji oyong
Benih gurame ukuran sebiji oyong
Laba besar dari budidaya ikan gurame
Cara cepat panen ternak ikan gurame

Tepat memilih lokasi kolam gurame supaya panen cepat
Konstruksi kolam yang tepat untuk gurame
Kualitas air penentu keberhasilan budidaya gurame
Segmentasi telur gurame, laba paling tinggi
Laba besar segmen usaha benih gurame biji oyong
Laba besar segmen usaha pendederan gurame
Laba besar segmen usaha pembesaran gurame
Jitu atasi penyakit yang menyerang gurame
Pemanenan gurame
Benih kurang seragam membuat tingkat persaingan memperebutkan pakan tidak seimbang. Benih gurame berukuran besar lebih gesit memperoleh pakan dan mendapat porsi yang lebih banyak. Sedangkan benih berukuran kecil akan selalu kalah dalam memperebutkan pakan. Ruang gerak di antara ikan-ikan juga tidak bisa leluasa. Benih yang berukuran lebih besar tentu akan tumbuh lebih cepat. Sedangkan, benih-benih berukuran kecil akan lambat tumbuh kembangnya.

Peluang keberhasilan budidaya ikan gurame semakin besar bila mengetahui secara jelas asal benih itu diambil. Semakin dekat lokasi asal benih diambil, semakin baik kondisi benihnya. Karena benih-benih tidak mabuk selama dalam perjalanan dan tingkat adaptasinya juga tinggi. Benih-benih tidak memerlukan waktu yang lama untuk proses aklimasi dengan perairan kolam kita.

Benih gurame yang baru datang, diberi perlakuan aklimasi. Benih-benih seperti ini masih memerlukan proses adaptasi dengan perairan kolam setempat. Benih-benih yang masih dalam kantong plastik ditaruh di atas permukaan kolam. Biarkan suhu air di dalam kantong plastik sama dengan suhu air kolam. Setelah itu buka kantong plastik, biarkan udara terbuka. Perlahan-lahan, masukkan air kolam ke dalam kantong plastik dan biarkan benih-benih lepas dengan sendirinya.

Waktu penebaran yang terbaik dilakukan pada saat pagi atau sore hari. Pada waktu-waktu tersebut, suhu cukup rendah sehingga benih-benih lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan perairan baru. Dengan teknis budidaya ikan gurame yang benar mulai dari pemilihan benih berkualitas hingga cara penebaran yang benar, peluang keberhasilan budidayanya akan semakin besar. Laba besar pun bisa diperoleh saat panen nanti.