Laba Besar Segmen Usaha Pembesaran Budidaya Ikan Gurame

Untung besar bisa diperoleh dari segmen usaha pembesaran budidaya ikan gurame dalam waktu kurang lebih 3-4 bulan saja. Caranya? Pelihara benih ukuran bungkus rokok, pemberian pakan pellet berprotein tinggi, daun kangkung atau sente dan penerapan probiotik selama pemeliharaan. Dengan penerapan budidaya intensif, dalam waktu 4 bulan, gurame akan cepat besar ukuran 400-600 gram.

Segmen usaha pembesaran gurame bisa saja dimulai dari benih ukuran korek atau 7-8 cm. Luas kolam yang dipakai mulai dari 100-500 meter persegi. Kepadatan tebar yang diterapkan yaitu 20 ekor per meter persegi. Contoh perhitungan kasar, luas kolam berukuran 500 meter persegi bisa diisi benih gurame ukuran korek sebanyak 10.000 ekor. Kedalaman air kurang lebih 70 cm dengan debit air yang sedang sekitar 15-20 liter per menit.
Budidaya ikan gurame cepat panen
Gurame konsumsi

segmen usaha pembesaran budidaya ikan gurame
Kolam di belakang rumah bisa untuk pelihara gurame ukuran konsumsi
Laba besar dari budidaya ikan gurame
Cara cepat panen ternak ikan gurame

Tepat memilih lokasi kolam gurame supaya panen cepat
Konstruksi kolam yang tepat untuk gurame
Kualitas air penentu keberhasilan budidaya gurame
Pilih benih gurame berkualitas supaya cepat panen dan laba besar
Laba besar segmen usaha telur gurame
Laba besar segmen usaha pendederan gurame
Jitu atasi penyakit gurame
Pemanenan gurame
Keberhasilan segmen usaha pembesaran budidaya ikan gurame tak lepas dari pemberian pakan yang tepat. Dosis pemberian pakan yang benar sekitar 1% dari total berat ikan dalam satu kolam. Berikan pakan 2-3 kali dalam satu hari, biasany pada pukul 07.00, 11.00 dan 13.00. Kadar protein dalam pellet pilih yang 25% supaya perkembangan dan pertumbuhan ikan cepat besar. Berikan juga pakan hijauan atau dedaunan seperti sente atau kangkung dengan kebutuhan sekitar 10% dari total berat ikan dalam satu kolam. Pemberian pakan hijauan sebaiknya dilakukan pada waktu sore hari sekitar pukul 17.00.

Pemeliharaan benih yang dimulai dari ukuran korek hingga seukuran bungkus rokok memerlukan waktu sekitar 75-100 hari. Sedangkan pemeliharaan benih ukuran bungkus rokok hingga ukuran konsumsi butuh waktu sekitar 4 bulan. Untuk pembesaran ikan gurame mencapai ukuran konsumsi, kepadatan tebar yang diterapkan sebanyak 10 ekor per meter persegi. Kedalaman air kolam sekitar 80 cm dengan debit air yang masuk ke dalam kolam sekitar 20 liter per meter persegi.

Untuk mempercepat tumbuh kembang gurame, berikan pellet yang mengandung protein 20% sebanyak 2 kali sehari. Waktu pemberian pakan yang tepat sekitar pukul 08.00 dan 13.00. Berikan juga pakan hijauan seperti sente, kangkung dengan dosis sebanyak 10% dari total berat ikan yang dipelihara dalam satu kolam. Waktu yang tepat untuk memberikan pakan hijauan sekitar pukul 16.00.

Risiko segmen usaha pembesaran budidaya ikan gurame relatif ringan dibandingkan dengan segmen lainnya. Benih-benih ukuran sebungkus rokok relatif tahan terhadap serangan hama penyakit. Namun, ada baiknya selalu mewaspadai kualitas air kolam untuk mencegah terjadinya serangan penyakit. Dengan teknis budidaya yang baik dan benar, dalam waktu 90-100 hari, sudah bisa diperoleh ikan ukuran konsumsi (400-600 gram). Nilai ikan gurame tidak akan berkurang seiring meningkatnya berat badannya. Jadi, peternak bisa menahan ikan-ikan ini untuk tidak segera dijual. Hanya saja yang perlu diperhatikan yaitu harus menekan biaya pakan harian. Berikan saja pakan hijauan yang tidak perlu dibeli untuk memperolehnya.