Laba Besar Dari Budidaya Ikan Gurame

Dibandingkan dengan jenis-jenis ikan tawar lainnya, budidaya ikan gurame memang butuh waktu yang cukup lama untuk sampai pada ukuran konsumsi. Jika kita membesarkan ikan gurame mulai dari ukuran 2-3 cm sampai ukuran konsumsi (400-600 gram), perlu butuh waktu pemeliharaan sekitar 1,5 tahun. Namun, sekarang diperkenalkan ternak ikan gurame intensif dengan pola bertahap sehingga panen lebih cepat sekitar 12-14 bulan saja.

Pola bertahap yang dimaksud dalam ternak ikan gurame yaitu segmentasi usaha. Setiap segmen usaha memiliki lama peredaran usaha sekitar 3-4 bulan. Segmen ini untuk pembesaran benih-benih gurame mulai dari ukuran biji oyong. Untuk penetasan telur sampau ukuran biji oyong sudah bisa mulai dipanen pada umur 20 hari sampai dengan 30 hari.
budidaya ikan gurame
Kolam di samping murah untuk ternak ikan gurame
Bagaimana mendapatkan laba besar dan cepat panen budidaya ikan gurame
Tepat membuat kolam gurame supaya cepat panen
Tepat memilih lokasi untuk budidaya ikan gurame
Kualitas air penentu keberhasilan budidaya gurame
Pilih benih gurame berkualitas agar cepat panen
Segmen telor gurame, laba paling tinggi
Laba besar segmen usaha benih gurame biji oyong
Laba besar segmen usaha pendederan gurame 
Laba besar segmen usaha pembesaran gurame
Jitu atasi penyakit yang menyerang gurame
Pemanenan gurame
Penerapan segmentasi dalam budidaya ikan gurame akan memperoleh laba yang jelas. Contoh, benih ukuran korek atau 4-5 cm seharga Rp 1.250/ekor dibeli sebanyak 3.000 benih. Ditebar di kolam yang luasnya 100 meter persegi. Tiga bulan pemeliharaan sudah bisa memperoleh benih ukuran sebungkus rokok atau 10 cm. Ukuran benih gurame sebesar ini bisa dihargai 2x lipatnya. Perkiraan tingkat kematian benih 10%. Dengan demikian, peternak bisa memperoleh pendapatan sekitar 3 juta Rupiah yang belum dipotong biaya pakan dan tenaga kerja.

Ternak ikan gurame intensif bisa lebih menghemat waktu sekitar 2-4 bulan. Dengan demikian, perputaran modal lebih cepat. Pola segmentasi bisa diterapkan untuk pendederan benih dan pembesaran ikan konsumsi. Luas kolam yang dibutuhkan mulai dari 100-500 meter persegi yang dibuat dalam jumlah banyak. Pola seperti ini juga membuat pengawasan kesehatan ikan lebih terjaga sehingga kegagalan panen bisa diminimalkan.

Budidaya ikan gurame pola segmentasi tidak harus membutuhkan banyak modal dan lahan yang luas. Asalkan lokasinya memenuhi persyaratan budidaya, ternak ikan gurame sudah bisa dilaksanakan. Peternak bisa memulai dari dari segmen penetasan telur, pendederan ukuran biji oyong, pendederan ukuran kuku, pendederan ukuran silet, pendederan ukuran korek, pendederan ukuran bungkus rokok dan terakhir pembesaran ikan gurame ukuran konsumsi.