Panen Laba Besar Dari Budidaya Ikan Lele

Tujuan akhir yang ditunggu-tunggu dari budidaya ikan lele adalah panen. Kapan waktunya panen harus sudah direncanakan dengan jelas. Hal ini perlu diperhitungkan secara matang karena berkaitan dengan besaran biaya pakan yang semakin membengkak dan ukuran ikan-ikan yang semakin membesar sehingga harga jualnya akan berbalik rendah.

Jangan sampai panen lele tertunda. Ikan konsumsi ini berbeda dengan ikan nila atau gurami yang harga jualnya bisa semakin meningkat. Ukuran lele yang terlalu besar saat dipanen, harganya justru turun. Kondisi bisa lebih menyedihkan, bila harga pasaran saat itu sedang menurun. Laba besar tak dapat diraih, rugi yang didapat.
Pengangkutan hasil panen lele
Pengangkutan hasil panen lele
Ini pakan lele yang membuat cepat bongsor
Konstruksi kolam lele peraup laba besar
Rahasia pilih lokasi kolam ikan lele
Benih seragam mempercepat panen

Perawatan ikan lele biar cepat panen
Cara jitu atasi penyakit pada ikan lele
Teknik pemanenan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu teknik kering dan teknik basah. Pada teknik kering, air kolam dibuang sampai separuh kolam. Siapkan jaring untuk menggiring ikan-ikan ke satu tempat yang telah ditentukan. Ikan-ikan yang terkumpul tinggal dipungut dan ditaruh ke dalam wadah yang cukup untuk ukuran satu panenan. Teknik pemanenan basah dalam budidaya ikan lele tidak berbeda jauh dengan teknik kering. Bedanya, tidak membuang air dalam kolam sama sekali dan ikan-ikan yang dipungut hanya berukuran tertentu saja.

Budidaya ikan lele
Langsung Hasil Ternak Lele Sangkuriang
Setelah panen lele dari kolam selesai, langkah selanjutnya ikan ditimbang dan dimasukkan ke dalam wadah pengangkutan seperti jerigen atau drum. Kepadatan ikan yang dimasukkan ke dalam wadah harus disesuaikan ukurannya. Jangan berpikiran ikan lele itu tahan banting dalam segala kondisi, jika dalam satu wadah terlalu padat bisa berakibat ikan-ikan menjadi rusak bahkan mati. Biasanya disebabkan oleh gesekan-gesekan antar ikan.

Untuk jarak pengangkutan yang relatif dekat, wadah drum atau jerigen masih bisa digunakan. Cara pengangkutannya, 2/3 wadah diisi dengan ikan-ikan, sisanya air. Ikan-ikan ini biasanya akan mengalami penyusutan pada bobotnya, tambahkan 1-2 sendok minyak sayur ke dalam wadah tersebut supaya pengeluaran lendir bisa terhambat. Minyak sayur bisa digantikan dengan kerupuk. Untuk jarak pengankutan yang relatif jauh sebaiknya memakai truk yang bagian baknya difungsikan sebagai kolam terpal. Kapasitas bak ini bisa memuat lebih banyak dan ikan-ikan bisa bergerak lebih leluasa.

Waktu yang terbaik untuk mengangkut hasil panen budidaya ikan lele yaitu pada sore hari atau malam hari. Namun, siang hari masih bisa dilaksanakan, asalkan bagian atas bak truk ditutup dengan terpal supaya tidak kepanasan. Dengan teknik pemenenan yang baik dan benar, laba besar ternak lele bisa diraih.