Aneka Produk Awetan Cabai

Berikut ini beberapa aneka produk awetan cabai yang bisa dibuat dalam skala rumahan. Produk tersebut, antara lain; bubuk cabai, cabai kering utuh, dan cabai kering gilingan kasar. Ketiga produkt tersebut memiliki nilai jual yang tinggi sehingga bisa meraup laba besar walau harga cabai sedang tiarap jatuh ke tingkat dasar. Anda berminat?
Aneka Produk Awetan Cabai
Tepung cabai, pangsa pasarnya restoran-restoran asing
Untuk membuat bubuk cabai, gunakan cabai kering yang sudah disortir berdasarkan bentuk, ukuran, warna dan rasa. Tujuannya supaya kualitas yang diperoleh tetap terjamin. Periksa kadar air menggunakan oven microwave. Cabai kering dimasukkan ke dalam oven bersuhu 105 derajat Celcius selama 6 jam. Hasil pengeringan seperti ini akan diperoleh cabai kering berkadar air 14%. Langkah selanjutnya tinggal membuang tangkai dan biji dari daging buah cabai.

Dagin buah cabai selanjutnya masuk ke mesin penggilingan berkapasitas 200 kg. Mesin penggiling ini bisa mengolah 40 kg cabai kering tiap satu putaran. Mesin ini butuh bahan bakar solar 10 liter tiap harinya. Supaya dihasilkan bubuk cabai yang berkualitas baik, lakukan penggilingan sebanyak 3 kali. Hasil gilingan selanjutnya masuk ke dalam mesin pengayak untuk menyaring bubuk cabai sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Tiap 6 kg cabai segar bisa menghasilkan 1 kg bubuk cabai berkualitas baik. Bubuk cabai merupakan salah satu aneka produk awetan cabai yang pangsa pasarnya menyasar restoran-restoran China dan Jepang.

Selain dibuat menjadi bubuk cabai, produk awetan lainnya yaitu cabai kering. Ini merupakan salah satu cara pengawetan yang paling sederhana. Pangsa pasarnya yang terbesar yaitu masyarakat Kalimantan yang butuh cabai kering untuk berbagai menu masakannya.

Produk awetan cabai lainnya yaitu cabai kering gilingan kasar. Bisa digiling yang masih menyertakan biji dan tangkai atau hanya berupa dagin buah cabai saja. Bagi konsumen yang menyukai rasa pedas kuat tentu gilingan biji cabai harus disertakan. Variasi olahan cabe memang masih kalah dengan cabai segar yang kadung familier dipakai untuk berbagai masakan. Namun, pasar punya kebebasan memilih produk. Apalagi pada saat harga cabai segar naik membumbung tinggi mengalahkan harga daging sapi. Aneka produk awetan cabai merupakan solusi tepat untuk mengatasinya.