Ternak Ikan Nila Segmen Pembenihan Mudah dan Laba Besar

Ternak ikan nila segmen pembenihan memiliki perputaran usaha yang cepat. Dengan bermodalkan kolam pemijahan seluas 20 meter persegi yang berisi indukan jantan sebanyak 20 ekor dan indukan betina sebanyak 60 ekor akan diperoleh burayak-burayak nila setiap harinya. Tiap ekor indukan betina bisa menghasilkan burayak sejumlah 300-3.000 ekor, tergantung pada kondisi indukannya. Tiap ekor burayak dihargai Rp 10,- sampai dengan Rp 13,-. Sangat menggiurkan bukan?

Strain ikan nila yang terbukti potensil sebagai usaha ada 5, antara lain; nila hitam, nila merah, nila gift, nila nirwana dan nila gesit. Tiap strain ikan keluarga siklid ini mudah dikenali ciri-cirinya. Nila merah jelas berwarna merah, nila hitam berwarna hitam kehijauan. Strain nila-nila tersebut merupakan hasil pemuliaan dari Balai Penelitian Ikan di berbagai negara yang terbukti unggul baik dari segi kualitas maupun produktivitasnya.
Ternak ikan nila segmen pembenihan
Anakan nila ukuran gelondong
Banyak pelaku ternak ikan nila yang memilih segmen pembenihan karena permintaan dari petani pendederan sangat banyak. Terutama permintaan peternak yang memiliki kolam di perairan waduk, danau, tambak air payau, rawa-rawa dan tambak-tambak di pesisir pantai. Produktivitas ikan nila juga cukup lama, produktivitas optimalnya mencapai umur 2 tahun. Namun, perlu diingat, upayakan pemijahan terkontrol. Jangan sembarangan memakai indukan yang belum diketahui kualitasnya. Tidak jarang, pemijahan inbreeding atau perkawinan sedarah terjadi sehingga menurunkan kualitas anakannya.

Untuk kolam pemijahan, bisa dipakai kolam tanah, kolam tembok, terpal, bak atau kolam hapa. Ukuran kolam standar pemijahan totalnya seluas 100 meter persegi yang nantinya dibagi-bagi lagi menjadi kolam-kolam kecil dengan ukuran 2 m x 3 m berkedalaman 1 m. Untuk yang menggunakan hapa, ukuran kolam minimal 1 m x 1 m x 1 m. Ikan nila mudah beradaptasi dengan wadah atau kolam apapun. Hanya saja, ikan ini memerlukan kondisi air dengan sirkulasi yang bagus. Sehabis nila memijah, indukan dipindahkan ke kolam perawatan yang berukuran 40 meter persegi.


Para pelaku ternak ikan nila yang sukses, biasanya memberikan treatment monosex pada burayak-burayak yang berumur satu hari supaya berganti kelamin jantan semua. Hal ini karena nila yang berkelamin jantan akan lebih cepat tumbuh besar.