Tips memilih kaos anak yang nyaman dan sehat

Kaos memang fleksibel dipakai oleh semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Tidak mengherankan kalau saat berbelanja di toko-toko pakaian akan dijumpai kaos dengan beragam ukuran. Kaos memiliki model dan desain yang fleksibel juga. Konsumen bisa memilih kaos yang terpajang sesuai selera. namun, untuk kaos anak-anak, Anda perlu memperhatikan beberapa tips memilih kaos anak di bawah ini supaya nantinya saat dipakai terasa nyaman dan sehat bagi putra putri tersayang Anda.

Beragam jenis kaos yang diproduksi oleh pabrik merupakan salah satu cara strategi perusahaan untuk bisa menjangkau segala lapisan masyarakat. Mulai dari variasi ukuran, jenis bahan kain yang digunakan, model yang sedang tren hingga desain gambar yang melekat pada kaos yang diproduksi. Bagi anak-anak, selera anak biasanya menjadi bahan pertimbangan utama. Bagi orang tua, tentu harus memperhatikan hal ini. Di samping juga memperhatikan kenyamanan dan kesehatan baju kaos yang akan dipakai oleh putra-putrinya.

Berikut ini tips memilih kaos anak yang nyaman dan sehat
  1. Perhatikan bahan kain kaos yang akan dibeli. Kaos anak-anak berbahan cotton combed 20s atau 30s lebih nyaman dan sesuai dipakai oleh anak. Tekstur bahan kain terasa halus dan lembut. Tekstur yang demikian akan membuat kulit anak tidak mudah terkena iritasi. Bahan kain ini juga mudah menyerap keringat. Tentu, sifat kain ini sangat mendukung perilaku anak yang masih dalam giat-giatnya bergerak kesana-kemari.
  2. Sebaiknya dipilih warna-warna cerah. Perilaku anak yang sangat aktif suka mencoba-coba hal baru. Terkadang mereka suka bermain-main di mana saja. Dengan kaos yang berwarna cerah, kotoran yang menempel pada kaos akan mudah terlihat. Dengan demikian, sang bunda bisa segera menggantinya dengan kaos yang baru. Kotoran ini bisa menjadi sarang-sarang kuman bila dibiarkan saja.
  3. Pastikan warna kaos tidak mudah luntur. Kaos yang mudah luntur sangat berbahaya bagi si anak. Zat pewarna yang ada pada kaos tersebut bisa menempel pada jari jemari anak. Dan takutnya, anak ini mengambil makanan tanpa mencuci terlebih dahulu jari-jemari yang tertempel zat pewarna tersebut. Zat pewarna ini sangat berbahaya bagi tubuh anak jika sudah masuk ke dalam sistem pencernaan.
  4. Pilih desain gambar dan model yang simple. Kaos yang dikenakan pada anak-anak sebaiknya berdesain simple. Tidak perlu banyak variasi desain atau pun model. Karena terlalu banyak variasi malah membuat si anak tidak merasa nyaman memakai kaos tersebut. Hindari terlalu banyak lipatan dan aksesori yang menempel pada kaos anak.
  5. Ukuran kaos sesuai dengan postur tubuhnya. Pilih kaos anak sesuai ukuran postur tubuhnya. Kaos anak yang dijual sudah tersedia beragam ukuran. Mulai dari ukuran S, M, L, dan XL. Pastikan kaos anak yang dibeli mampu membuat anak nyaman bergerak..
  6. Gambar kaos anak. Tak harus bergambar kartun-kartun lucu dan imut. Ada kalanya belilah kaos anak yang bergambar pesan-pesan moral tertentu. Misal, gambar anak sedang menanam pohon atau membuang sampah di tempat sampah. Gambar-gambar kartun seperti Hello Kitty, Doraemon, Angry Birds memang biasanya lebih menarik bagi anak-anak.


Dengan mempraktekan tips memilih kaos anak yang nyaman dan sehat di atas, tumbuh kembang putra putri Anda akan menjadi lebih baik dan menjadi anak cerdas sesuai dengan harapan Anda.