Proses Pembuatan Manggleng Singkong Empuk Dan Renyah

Manggleng singkong merupakan camilan yang merakyat. Hampir setiap warung-warung kecil menjual camilan ini yang dibungkus plastik. Terasa krispi, renyah dan empuk saat digigit. Biasanya berasa asam manis pedes dari campuran gula merah, asam jawa dan cabe. Memang gimana sih cara membuat manggleng singkong yang empuk dan renyah seperti itu?
Manggleng singkong produksi sendiri

Singkong memang berharga murah. Kita sudah dapat membawa pulang singkong 1 kilo hanya dengan uang Rp 1.200,- saja. Karena murah, kita bisa membelinya sampai 3 kilo. Tiga kilo singkong yang direbus itu biasanya tidak seluruhnya termakan. Terkadang tersisa banyak. Nah, singkong rebus yang tersisa ini tentu sayang jika dibuang begitu saja. Singkong rebus sisa ini bisa dibuat jadi mangleng singkong yang enak dan renyah.

Cara membuat manggleng singkong
Sisa singkong rebus diiris tipis-tipis. Ikuti alur serat singkong rebus tersebut. Dengan irisan yang tipis, singkong akan cepat kering. Sebenarnya, irisan tebal juga tetap bisa terasa renyah dan empuk, asalkan pengeringannya juga merata sampai ke bagian tengahnya. Irisan singkong diletakkan di atas alas bambu seperti nampan, tampah atau yang lain.
Cara membuat manggleng singkong
Singkong yang sudah direbus siap diiris-iris

Cara membuat manggleng singkong
Irisan tipis singkong

Cara membuat manggleng singkong
Irisan singkong dijemur
Selama pengeringan irisan singkong, bolak-balikan irisan singkong tersebut tiap 3 jam sekali. Tujuannya, pengeringan lebih cepat merata, dan tidak lengket pada nampan pengeringan. Irisan singkong yang telah benar-benar kering ini disebut mangleng singkong mentah.
Camilan manggleng singkong saat bekerja....aseek

Manggleng singkong mentah tinggal digoreng. Cara menggorengnya dengan minyak goreng suhu panas, tapi jangan terlalu panas. Sewaktu menggoreng mangleng singkong bisa ditambahkan bumbu bawang plus garam untuk memberikan rasa gurih dan wangi. Bumbu ini dilarutkan ke dalam air. Setiap kali menggoreng, bubuhkan satu sendok larutan bumbu bawang tersebut.

Sebagian orang lebih menyukai pemberian bumbu yang dilakukan secara terpisah. Jadi, mangleng singkong mentah digoreng terlebih dahulu tanpa diberi bumbu. Setelah itu disiapkan bumbu seperti bumbu balado, bumbu kuning atau yang lain. Bumbu ini dimasak hingga kering seperti serundeng halus. Bumbu kering ini kemudian disaring untuk menghasilkan bumbu kering halus. Manggleng yang telah digoreng tinggal diberi bubuhan bumbu kering halus ini secara merata. Rasanya lebih menambah selera.

Manggleng singkong bisa dijadikan sebagai usaha. Pada prinsipnya, cara membuat manggleng singkong yang empuk dan renyah sama seperti di atas. Supaya layak jual, perhatikan ukuran irisan, rasa bumbu dan kemasannya. Manggleng singkong digemari banyak orang. Jadi, pemasarannya mudah. Tinggal dititipkan ke warung-warung terdekat Anda.

Baca juga
Proses pembuatan keripik singkong empuk dan renyah
Proses pembuatan keripik talas empuk dan renyah
Proses pembuatan keripik kentang empuk dan renyah
Proses pembuatan keripik pisang empuk dan renyah
Proses pembuatan kacang asin enak dan renyah
Proses pembuatan keripik ikan nila dan mujair
Proses pembuatan keripik bayam
Proses pembuatan rempeyek atau peyek kacang tanah