Varietas-varietas Mangga Eksotis Dari Luar Negeri

Ada sekitar 600 lebih varietas-varietas mangga di dunia ini. Sekitar 50 puluh varietas memiliki nilai komersial tinggi yang dikembangkan dan tersebar di berbagai negara. Beberapa varietas mangga dari luar negeri tersebut berhasil memikat para pekebun dan hobiis tanaman buah di negeri kita. Sebut saja seperti alphonso, atualfos, carrie, fairchild, glenn, tommy atkins, webber, kensington pride dan zill.
Varietas-varietas Mangga Eksotis Dari Luar Negeri
Mangga varietas tommy atkins yang kulitnya berwana merah oranye
Mangga memang asli tanaman tropis, tapi persebarannya sudah meluar ke berbagai belahan dunia. Ia pun dijuluki the best loved tropical fruits. Di dalam hikayat-hikayat kuno India, tanaman mangga sudah disebut-sebut sejak 4.000 tahun yang lalu. Buah lezat ini telah memikat banyak negara-negara lainnya. Tak heran kalau sekarang ada 60 negara yang berperan sebagai produsen mangga. Negara-negara produsen mangga tersebut, antara lain: India, Meksiko, Brazil, Pakistan, Cina, Indonesia, Filipina, Thailand, Haiti, Zaire dan Madagaskar.

Berikut ini adalah varietas-varietas mangga eksotis dari luar negeri yang berhasil memikat pekebun dan hobiis nusantara.
1. Alphonso
Varietas mangga yang berasal dari India. Buah berwarna kuning keemasan saat matang. Bentuk buah oval dengan panjang 10-15 cm. Daging buah kuning emas, padat, sedikit berserat dan bercita rasa manis menyegarkan. Sangat enak dikonsumsi segar. Dalam bentuk olahan kalengan dalam bentuk pure dan jus juga sangat enak dikonsumsi. Buah mangga ini beraroma tajam sehingga banyak dipakai untuk campuran kue dan cocktail.

2. Atualfos
Masih ada keturunan varietas manila. Mangga ini banyak dikembangkan di Hawaii. Buah berbentuk pipih memanjang. Ukuran buahnya kecil, berbobot 180-370 gram. Buah berwarna kuning kehijauan, saat matang berwarna kuning tua. Daging buah berwarna kuning, lembut, sangat manis dan tanpa serat.

3. Carrie
Mangga yang berasal dari Florida. Buah berbobot 250-400 gram. Daging buah berwarna oranye, tebal, tidak berserat dan beraroma harum. Tekstur daging sangat lembut, juicy dan sangat manis. Kulit buahnya tipis, berwarna hijau sampai kuning saat matang. Agak tahan terhadap penyakit antraknosa dan mampu berbuah sepanjang tahun. Musim panen raya biasanya berlangsung pada bulan Juni dan Juli.

4. Fairchild
Bagi masyarakat Panama, buah mangga ini favorit karena cita rasanya yang lezat. Buah berukuran mungil, berbobot 240-265 gram. Buah berwarna kuning saat matang. Kulit tipis dan lembut. Dagingnya berwarna oranye tua, tidak berserat, juicy, dan beraroma harum. Produktivitas tinggi, terutama di daerah beriklim basah. Sosok tanaman kompak dan rimbun. Tinggi tajuk bisa dipertahankan hanya 3 meter dengan cara pemangkasan. Varietas ini banyak dibudidayakan di Florida Selatan dan Hawaii.

5. Glenn
Buah berwarna kuning atau pink. Daging buah berwarna kuning tua, sedikit berserat, juicy, rasa manis, dan beraroma tajam. Buah berukuran kecil, hanya 250-400 gram. Tanaman mangga tahan dari serangan antraknosa. Tanaman mangga ini pendek sampai sedang sehingga cocok ditanam di halaman rumah.

6. Tommy atkins
Mangga yang paling banyak dicari oleh pasar dunia. Buah berbentuk bulat lonjong. Berbobot 300-500 gram. Banyak dibudidayakan di Florida. Kulit tebal dan mulus berwarna merah hijau atau merah oranye mengkilap. Daging buah berwarna kuning muda sampai kuning tua. Daging buah tebal dengan proporsi mencapai 80%. Tekstur lembut, berair dan berserat sedang. Buahnya berasa cukup manis dengan kadar kemanisan 16%. Namun, bila pemberian pupuk N sampai berlebihan dan terlalu banyak air, rasanya menjadi hambar.

7. Webber
Buah berwarna merah kekuningan. Daging buah berwarna kuning, agak berserat, tekstur lembut, berair banyak, dan beraroma harum. Rasanya manis menyegarkan dengan kadar kemanisan sampai 16%. Buah berukuran besar 350-600 gram.

8. Zill
Buah berukuran sedang 350-500 gram. Daging buah berwarna kuning oranye, tidak berserat, berair dan berasa manis menyegarkan. Varietas mangga berasal dari Florida. Sekarang, banyak dibudidayakan di Hawaii dan Australia. Ia memiliki keistimewaan pada masa panen yang bisa lebih lama dibandingkan dengan varietas Kensington pride