Tips Membuat Pakan Ikan Koi Supaya Warna Cerah

Supaya warna ikan semakin cerah, ada tips membuat pakan koi yang telah terbukti bagus diterapkan. Seperti apakah itu? Kulit udang dan karapas kepiting diberikan ke ikan bersamaan dengan pakan koi pabrikan. Pakan pellet koi pabrikan direndam ke dalam air hangat selama 15 menit. Pellet yang sudah lunak itu selanjutnya dicampur dengan kulit udang dan karapas kepiting. Komposisi ramuan ketiga bahan tersebut yaitu 8:1:1. Komposisi ramuan ini terbukti telah berhasil mencerahkan warna ikan-ikan koi.
Tips membuat pakan ikan koi supaya warna cerah
Warna cerah Showa
Untuk kulit udang dan karapas kepiting digiling sampai halus supaya bisa berbentuk pasta. Supaya gilingan kedua bahan tersebut mengental diberi tepung kanji. Selanjutnya, bahan ini dikukus agar bisa menjadi pasta padat dan bisa disimpan. Nantinya, pasta yang diberikan ke ikan-ikan koi dibentuk menjadi bulatan-bulatan sesuai ukuran mulut ikan.

Frekuensi pemberian pakan dilakukan 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Dosis pakan yang diberikan 1/40 kali dari berat tubuh ikan koi. Dosis ini berdasarkan tabel pemberian pakan dari Dinas perikanan supaya pertumbuhan badan koi seimbang dan proporsional. Contoh kasus, panjang koi 30 cm, berarti hanya diperlukan 2 butir pasta seukuran kelereng setiap kali pemberian. Disarankan, pakan spesial ini hanya untuk ikan-ikan koi berkualitas tinggi yang bernilai mahal.


Tips membuat pakan ikan koi di atas mendasarkan pada kandungan karoten yang tinggi di dalam kulit udang dan karapas kepiting. Kandungan karoten tinggi ini bisa dibuktikan dengan menggoreng atau merebusnya yang pada kulit udang dan karapas kepiting akan berwarna merah jingga. Pada jenis-jenis sayuran tertentu seperti wortel atau sawi pahit juga mengandung karoten yang tinggi sehingga bisa sebagai alternatif ramuan pasta di atas bila kulit udang dan karapas kepiting sulit diperoleh.