Mari Mencermati Label Kemasan Produk Makanan

Ketika kita berbelanja, apa yang membuat jadi pertimbangan bagi kita untuk membeli suatu produk? Hampir semua orang menjawab serempak "harga barang tersebut". Harga menjadi pertimbangan utama bagi kebanyakan konsumen. Pertimbangan berikutnya yaitu memperhatikan penampilan produk seperti keindahan label, kemasan, merek populer, ada tidaknya atribut tertentu (halal atau kandungan zat-zat tertentu).
Mari Mencermati Label Kemasan Produk Makanan
Sebelum dibeli, cermati label produk-produk makanan ini

Tak banyak yang memperhatikan label pada suatu produk. Yang sering diperhatikan oleh konsumen Indonesia biasanya pencantuman label 'halal'. Selebihnya, kurang diperhatikan. Sebagian orang ada yang berkesempatan membaca label, tapi kurang dicermati. Nah, mulai sekarang, mari kita sedikit meluangkan waktu memeriksa labe dari suatu produk sebelum memutuskan dibeli.

Apa itu label?
Label adalah tulisan, tag, gambar, atau deskripsi lain yang tertulis, dihias, atau dicantumkan dengan cara apapun pada kemasan suatu produk. Pelabelan ditujukan sebagai sarana komunikasi antara produsen kepada konsumen tentang hal-hal yang perlu diketahui oleh konsumennya terhadap produk-produk yang dipasarkan.

Konsumen akan memperoleh informasi tentang isi suatu produk tanpa harus membuka kemasannya. Konsumen dapat mengetahui apa saja yang terkandung di dalam produk makanan tersebut, termasuk hal-hal yang tak terlihat oleh mata atau tak diketahui secara fisik. Dengan keberadaan label ini, konsumen bisa melihat mutu dan keamanan suatu produk.

Label bagi produsen merupakan sebagai sarana berpromosi untuk menarik konsumen. Bagi konsumen, label produk-produk makanan membantu mereka untuk menilai suatu mutu produk tersebut. Tak hanya melihat label halal saja, tapi juga mencakup keamanan produk tersebut. Misalnya, batas kadaluwarsa produk-produk makanan tersebut. Nah, mulai sekarang, tak perlu apriori dengan kemasan suatu produk tertentu. Sebagai konsumen cerdas, mulailah cermati dan perhatikan label yang menyelimuti produk-produk yang akan Anda beli.