Budidaya Kangkung Darat Di Pekarangan Rumah

Budidaya kangkung darat bisa dipraktekkan di pekarangan rumah. Untuk bisa sukses menanam kangkung, perhatikan lama paparan sinar matahari pada lokasi lahan yang akan ditanaminya. Pasalnya, kangkung membutuhkan sinar matahari langsung yang lama. Akan lebih baik, bila paparan sinar matahari yang diterima selama sehari penuh.

Untuk mendapatkan lokasi tanam yang sesuai, bagian atap rumah bisa dipakai. Jika halaman rumah kita luas, halaman depan atau belakang rumah juga bisa dipakai. Biasanya, bagian halaman tersebut terkena paparan sinar matahari selama kurang lebih 6 jam penuh. 

Budidaya kangkung darat terbilang mudah. Bisa ditanam pada media tanam tanah biasa maupun dengan  cara ala hidroponik. Di daerah perkotaan, penanaman dengan cara hidroponik merupakan pilihan yang terbaik. Penamanam tanpa media tanam tanah ini akan membuat lingkungan sekitar tetap bersih. Yang diperlukan hanya ketelatenan selama perawatan dan pemeliharaannya.
Budidaya kangkung darat di pekarangan rumah
Kangkung Darat

Namun, penggunaan media tanam tanah pun sebenarnya oke-oke saja.  Asalkan pemupukan dan pemeliharaannya terkontrol. Wadah tanam bisa memakai polibag atau pot. Di daerah perkotaan, organisme hama seperti belalang, ulat relatif sulit dijumpai. Namun, bekicot masih sering dijumpai.

Teknis budidaya kangkung darat sama seperti halnya dengan budidaya sayur-mayur lainnya. Mulai dari penyediaan benih, penyemaian, pemindahan bibit ke wadah pembesaran, pemberian nutrisi, pencegahan serangan hama penyakit hingga pemanenan.

Untuk budidaya kangkung cara hidroponik, sudah tersedia ramuan nutrisi di toko-toko pertanian. Anda tinggal menerapkannya secara langsung. Tidak perlu meracik sendiri. Desain hidroponik juga bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana yang Anda miliki. Desain mulai dari yang sederhana sampai dengan yang berteknologi tinggi.

Penanaman dengan pola vertikultur juga bagus dicoba untuk tanaman kangkung. Wadah vertikultur bisa berupa pipa pralon besar yang dibuat berlubang selang-seling. Ini cara yang paling efektif untuk menghemat penggunaan lahan.

Hasil dari budidaya kangkung darat bisa dikonsumsi untuk diri sendiri maupun dijual. Karena jumlah panen biasanya terbatas, lebih baik dikonsumsi untuk sendiri. Toh, tujuan utamanya bukan untuk komersial, tapi untuk meghijaukan daerah perkotaan yang sudah jarang dijumpai tanaman sayur mayur. Manfaat menanam kangkung menjadi ganda, sebagai penghijauan sekaligus pemenuhan pangan keluarga.