Jenis Tanaman Hias Anggrek Bulan Phalaenopsis Taiwan

Masyarakat Indonesia memang sedang mabuk kepayang dengan jenis tanaman hias Anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan. Jenis anggrek bulan ini memang diimpor dari Taiwan. Sosok anggreknya kecil, jumlah kuntum banyak, warna bunganya sangat menarik. Pantas saja harganya cukup tinggi, sekitar Rp 200.000 tiap pot tanaman. Harga mahal anggrek yang sudah jadi seperti ini memang membuat kita urung untuk membelinya. Namun, ada alternatif untuk bisa memilikinya dengan cara memelihara anggrek Phalaenposis Taiwan dari bibit botolan.

Aneka jenis anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan telah tersedia di pasaran. Beberapa jenis anggrek ini antara lain; grandiflora yang ukuran bunganya selebar telapak tangan orang dewasa, multiflora yang jumlah kuntum tiap tangkainya sangat banyak dan harlequin yang bermotif totol-totol. Dalam hal soal warna, telah tersedia warna merah, kuning, merah jambu dan putih. Motif yang terlihat antara lain; garis, titik atau totol-totol. Di pasaran, biasanya dijual dalam bentuk sudah jadi. Harganya memang mahal. Kalau Anda ingin memeliharanya dari mulai kecil, bisa membeli bibit botolan. Harga bibit botolan mulai dari harga Rp 50.000. Tiap botol berisi bibit-bibit anggrek phalaenopsis sebanya 20-30 tanaman.

Anggrek bulan phalaenopsis taiwan
Anggrek Bulan Phalaenopsis Taiwan
Jenis tanaman hias anggrek Phalaenopsis Taiwan dari bibit botolan
Bibit anggrek botolan berasal dari hasil pemuliaan anggrek yang diperbanyak dengan cara kultur jaringan. Cara persilangan diterapkan pada anggrek-anggrek Phalaenopsis untuk bisa menghasilkan varietas-varietas anggrek yang lebih cantik dan menawan. Saat kita membeli bibit botolan, tercantum nama kedua induk anggrek phalaenopsis. Perbanyakan kultur jaringan akan menghasilkan anakan yang sama persis dengan induknya. Para pegiat anggrek Taiwan biasanya memakai botol besar yang berdiri. Berbeda dengan kebiasaan pegiat anggrek tanah air yang lebih suka memakai botol berukuran kecil yang diletakkan mendatar. Proses perbanyakan dengan kultur jaringan ini memakan waktu sekitar 9 bulan.

Lokasi pemeliharaan yang tepat
Lokasi pemeliharaan anggrek-anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan yang tepat haruslah terlindungi dari sengatan sinar matahari langsung. Lokasi seperti ini biasanya terletak di teras rumah, atau bisa saja membuat tempat teduh dari bahan paranet. Bagi yang tujuannya untuk bisnis, membuat bangunan rumah plastik sederhana sangat disarankan. Di dalam bangunan ini ditaruh rak-rak, paranet 65-75%, kasa untuk bagian dinding, dan blower untuk mengatur suhu udara. Dengan demikian, iklim buatan yang tercipta di dalam bangunan sesuai untuk pemeliharaan anggrek Phalaenopsis Taiwan.

Penyiraman pada minggu pertama dilakukan tiap 3 hari sekali. Tunggu sampai bibit-bibit anggrek tampak sehat. Kemunculan akar baru menandakan pertumbuhannya bagus. Beri pupuk dosis rendah yakni 1/8 dari dosis anjuran (1 gram/ liter air) atau sama dengan 0,125 gram/liter air. Pemberian pupuk ini dilakukan tiap 3 hari sekali. Jenis pupuk yang bisa digunakan, antara lain; Hyponex, Gandasil, dan Vitabloom. Pakai kandungan N yang tinggi. Misal, kandungan NPK 30:15:15.

Bibit-bibit jenis tanaman hias anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan ini rawan terkena serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, upaya pencegahannya perlu dilakukan. Semprot fungisida berdosis rendah dengan frekuensi 1 kali tiap minggu.

Repotting
Bibit anggrek yang sudah berumur 3 bulan akan terlihat sosoknya yang agak besar, ada 4-5 lembar daun. Pot yang berukuran 1 inci tentu tidak sanggup muat lagi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penggantian pot yang lebih besar (repotting). Pot berukuran 2,5 inci bisa dipakai. Siapkan media tanam styrofoam atau zeolit, sphagnum moss, cacahan pakis atau sabut kelapa. Media tanam ini harus bebas dari organisme pengganggu tanaman.

Pot diisi dengan media tanam styrofoam atau zeolit terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan sphagnum pada lapisan atasnya. Cabut bibit anggrek yang akan dipindahkan. Bungkus medianya dengan media baru. Masukkan ke dalam pot baru. Tekan-tekan media tanam sampai padat. Setelah selesai ditanam, bibit diletakkan di tray. Atur daun-daunnya mengarah utara-selatan. Hal ini bertujuan supaya tangkai-tangkai bunga yang tumbuh menjadi rapi. Tidak serampangan arah tumbuhnya.

Saat tanaman anggrek berusia remaja
Tanaman hias anggrek remaja sudah dipelihara selama 3-6 bulan. Teknis perawatan anggrek-anggrek remaja ini sama dengan tanaman yang baru dipotkan dari botolan. Lakukan penyiraman sekaligus pemupukan dan penyemprotan pestisida. Pada usia ini, dosis pupuk yang diberikan ditingkatkan menjadi 1/4 dari dosis anjuran (0,250 gram/liter air). Frekuensi penyiraman setiap 3 hari sekali tergantung cuaca. Jenis pupuk yang diberikan, antara lain; Hyponex, Gandasil, Vitabloom. Bisa juga memakai pupuk majemuk NPK dengan komposisi 30:15:15.

Jenis tanaman hias anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan rawan terserang hama penyakit. Lakukan penyemprotan fungisida pada tiap minggu. Jenis pestisida yang dipakai, antara lain; Antracol, Dithane dan Benlate dengan dosis 2 mm/liter air. Semprotan harus mengenai seluruh bagian tanaman. Dalam penyemprotan pestisida bisa berbarengan dengan pemupukan.

Penggunaan pestisida
Tanaman anggrek bisa saja terlanjur terserang bakteri busuk daun (erwinia). Upaya pertama yang dilakukan yaitu segera saja di-isolasi ke tempat khusus supaya penyakit tidak menular ke tanaman sehat yang lain. Beri tindakan pembuangan bagian batang dan daun yang terserang penyakit ini. Buat salep dari fungisida Pysan 20 yang diberi beberapa tetesan air. Salep ini dioleskan pada bekas luka. Setelah 1-2 bulan, pada bagian bawah bekas potongan akan tumbuh tunas baru sebagai pengganti batang yang dipotong.

Cara membungakan jenis tanaman hias anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan
Pada umur sekitar 6 bulan, anggrek siap dibungakan. Sebelum perlakuan pembungaan, pot diganti yang berukuran lebih besar. Pot berdiameter 3,5 inci sangat baik dipakai. Teknis repotting sama seperti pada repotting pada usia remaja. Penggantian pot ini sebaiknya dilakukan pada bulan Februari-Maret. Pada bulan-bulan tersebut, anggrek Phalaenopsis sedang berada pertumbuhan yang optimal.

Dosis pupuk yang diberikan menjadi 1/2 dari dosis anjuran (0,5 gram/liter air). Pupuk majemuk NPK yang dipakai memiliki perbandingan 15:15:15. Tambahkan KNO3 sebagai selingan. Frekuensi pemberian pupuk tiap 3 hari sekali. Pada saat musim penghujan, frekuensi penyiraman dikurangi hanya sekali tiap minggu. Namun, penyemprotan fungisida ditingkatkan menjadi 1 kali tiap 5 hari.

Masa-masa pertumbuhan anggrek yang pesat ini, arah tumbuh akarnya akan tampak keluar dari pot. Ini pertanda medianya kurang padat atau pot sudah berlumut. Masukkan akar-akar yang keluar ke dalam pot. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai akar-akar ini patah. Sambil akar-akar dimasukkan, tambahkan media tanam supaya padat.

Jenis tanaman hias anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan yang telah berumur kurang lebih 9-10 bulan sudah bisa dirangsang untuk berbunga. Pupuk NPK yang diberikan berkomposisi 15:30:30. Dosis pupuk yang diberikan sesuai anjuran. Frekuensi pemberian pupuk menjadi 3 hari sekali.

Setelah 1 bulan pemupukan, tunas bakal bunga akan tumbuh. Pasanglah besi kecil untuk mengarahkan bunga supaya tetap tegak. Pada bulan ke-3, kuntum-kuntum bunga telah mekar sempurna. Bunga-bunga jenis tanaman hias anggrek bulan (Phalaenopsis) Taiwan ini bisa bertahan sampai 2-3 bulan.