Budidaya Ikan Koi, Kuncinya Pada Kualitas Air

Hampir sebagian besar yang dihadapi oleh peternak budidaya ikan koi adalah permasalahan kualitas air. Hal ini karena kualitas air berkaitan langsung dengan tampilan koi. Mulai dari warna koi yang memudar, gerakan renang yang kurang gesit dan kesehatan ikan. Masalah-masalah ini bisa dideteksi dengan mengukur beberapa parameter seperti temperatur, derajat kemasaman air (pH), kesadahan dan ammonia. Agar parameter kualitas air tersebut sesuai untuk kehidupan ikan, desain kolam koi juga sangat menentukan keberhasilannya.

Kedalaman air yang ideal untuk ikan-ikan koi sekitar 1,2-1,5 meter. Kedalaman air kolam seperti ini akan mencegah ikan-ikan koi terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet yang mengakibatkan warnanya kusam. Selain itu, tumbuh kembang ikan juga terhambat. Untuk jarak permukaan air kolam dengan batas tepi kolam harus lebih dari 25 cm supaya ikan-ikan koi tidak bisa melompat keluar dari kolam.
Budidaya ikan koi
Kolam koi
Para peternak budidaya ikan koi biasanya membuat saluran pengeluaran air di dasar kolam yang dihubungkan dengan tanki filter. Pipa yang digunakan berdiameter 100 mm dengan lubang-lubang memanjang berdiameter 1 cm. Lubang-lubang ini terdapat di bagian sisi atas pipa dengan tujuan bisa menampung kotoran ikan dan sisa-sisa pakan.

Pada filter dipakai zeolit untuk membersihkan dan menetralkan air. Pada tiap kolam, sebaiknya dibuat 3 bagian ruangan zeolit. Tiap bagian ruangan zeolit harus diganti tiap bulannya. Dengan demikian, setiap 3 bulan, zeolit selalut terganti terus-menerus. Untuk pencucian zeolit ini dicelupkan ke dalam 2% larutan garam selama 2 hari dan dikeringkan di bawah panas teriknya sinar matahari.

Air yang mengalir dari bagian ruangan zeolit ini selanjutnya dipompa dan dialirkan layaknya air terjun. Jatuhan air yang mirip air terjun ini akan menguapkan gas ammonia dan gas-gas beracun lainnya. Sembari melepaskan gas-gas beracun, jatuhan air juga akan menangkap oksigen dari udara sehingga meningkatkan kadar oksigen terlarut.


Model jatuhan air sangat berguna pada saat suhu terik dan saat malam hari karena pada saat itu kandungan oksigen terlarut sedang tipis-tipisnya. Rancang arus jatuhan air ini mengarah pada satu titik lubang pengeluaran sehingga bisa membawa kotoran yang mengendap ke arah saluran pembuangan. Dengan menjaga kualitas air yang selalu terjaga, peternak budidaya ikan koi bisa menampilkan ikan-ikan koi terbaiknya bagi para pelanggan yang akan membelinya.