Pacing (Coctus sp.) Berkhasiat Obat Sekaligus Tanaman Hias

Bagi kalangan pecinta tanaman hias, pacing (Coctus sp.) bukan merupakan tanaman baru, bahkan spesies Coctus speciosa yang asalnya dari India sudah umum dikenal orang banyak dan dianggap sebagai tanaman lokal. Nama daerah tanaman ini bermacam-macam, orang Batak menyebutnya tabar-tabar, orang Manado biasa mengenal dengan sebutan galoba utan, orang Ambon menyebutnya tubu-tubu, orang Madura memberi sebutan bunto, orang Ternate mengenalnya denga nama uga-uga. Sebutan pacing itu sendiri banyak diucapkan oleh orang Sunda dan orang Jawa. Dan nama terakhir inilah yang banyak disebut di tanah air.

Kaya khasiat obat
Pacing bersosok perdu yang tumbuh baik di tempat lembab dan teduh. Pada umumnya, didominasi warna hijau muda dengan batang bulat panjang, berukuran sebesar ibu jari, dan tampak beruas-ruas. Bagian luar agak keras, bagian dalamnya kering sehingga batang ini terasa liat. Pada ujung bagian bawah batang terdapat rimpang yang juga liat dan tebal. Tekstur daun tebal, sedikit berambut dan tersusun melingkari batang secara spiral. Ciri khas inilah yang menyebabkan ia disebut juga dengan spiral ginger.

Pacing (Coctus sp.) Berkhasiat Obat Sekaligus Tanaman Hias
Pacing tawar (Coctus sp.) berkhasiat obat
Orang-orang dulu telah memanfaatkan rimpang tanaman ini sebagai obat penyakit kelamin sipilis. Rimpang yang dihaluskan dipakai sebagai antibiotik untuk membersihkan area organ intim wanita setelah melahirkan. Rimpang ini bisa mengakibatkan orang murus-murus bila dimakan sehingga dengan menggunakan rimpang dalam jumlah sedikit bisa berkhasiat sebagai pencahar. Rimpang dan batang tanaman mampu menurunkan panas. Cocok bagi anak atau orang dewasa yang sedang terserang penyakit cacar.

Daun muda disayur lalap
Bagian batang dan daun muda yang telah dimasak dan berbentuk bubur sangat bagus untuk penyakit mata. Bubur ini dioleskan atau ditempelkan ke bagian kelopak mata yang sakit. Bubur ini juga berkhasiat menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan. Cara pakainya tinggal dioleskan atau ditempelkan ke bagian kepala yang botak. Daun pacing (Coctus sp.) yang masih muda bisa dikonsumsi sebagai sayur lalap layaknya daun muda melinjo. Jadi, tanaman pacing (Coctus sp.) berkhasiat obat sekaligus tanaman hias di pekarangan rumah Anda. Baca juga Khasiat Pepaya.