Cara Membuat Kandang Kelinci

Berikut ini cara membuat kandang kelinci yang bisa mendongkrak produktivitas perkembangan dagingnya. Kandang harus dibuat senyaman mungkin bagi kehidupan hewan-hewan ternak. Ukuran kandang yang biasa diterapkan yaitu 60 cm x 50 cm x 40 cm untuk jenis-jenis kelinci berukuran sedang. Sedangkan, jenis-jenis kelinci berukuran besar, ukuran kandang menyesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Biasanya 3 kali lipatnya dari ukuran kelinci supaya bisa selonjoran karena hewan ini sangat senang dengan perilaku seperti ini.

Kandang yang bisa mendongkrak tumbuh kembang kelinci harus memperhatikan konstruksinya dan sanitasinya. Kebersihan kandang harus tetap terjaga supaya kelinci-kelinci tetap sehat. Perhatikan bahan-bahan yang dipakai sebagai alas kandangnya. Alas kandang yang terbuat dari bambu dinilai lebih baik dibandingkan dengan alas kandang terbuat dari kawat ram. Perhatikan jarak bilah antar bambu, buat yang rapat, tapi kotoran kelinci bisa terbuang dengan mudah. Jika terpaksa memakai kawat ram, beri lapisan kardus atau Koran supaya kaki-kaki kelinci mudah mencengkeram kawat.
Cara membuat kandang kelinci
Bagian V dari kandang kelinci
Cara membuat kandang kelinci individual
Bahan-bahan
  • Bambu
  • Kayu
  • Kawat ram
  • Seng
  • Lembaran plastik

Alat-alat
  • Alat pertukangan lengkap
  • Paku, kawat, mur

Langkah-langkah pembuatan
  1. Buat kotak persegi panjang dengan ukuran 120 cm x 50 cm x 80 cm.
  2. Buat bagian tengah ruang kandang dengan bentuk bidang seperti huruf V sebagai tempat meletakkan rumput. Bagian ini harus terbuka di sisi atasnya. Sedangkan sisanya dibuat rapat.
  3. Sisi depan kandang dibuat dari kawat ram. Sedangkan sisi samping kanan, kiri dan belakang bisa dibuat rapat atau dibuat dari kawat ram. Yang terpenting ventilasi lancar dan juga kelinci tidak sampai kedinginan.
  4. Untuk alasnya dibuat dari bambu. Jarak antar bambu rapat, tapi bisa membuang kotoran kelinci dengan mudah.
  5. Di bawahnya buat alas yang terbuat dari lembaran triplek dilapisi plastik dan dibuat menjorok ke depan. Alas ini harus dibuat miring supaya air kencing kelinci langsung mengalir ke depan. Akan lebih baik, urin kelinci ini ditampung ke dalam satu wadah karena urin kelinci ini bermanfaat sebagai pupuk organik.


Cara membuat kandang kelinci individual ini sudah banyak dipraktekkan oleh peternak maupun para hobiis kelinci. Tipe kandang ini bisa mempercepat tumbuh kembang kelinci. Kelinci akan merasa nyaman hidup di kandang. Untuk peternakan kelinci skala rumahan, desain kandang seperti ini sangat cocok diterapkan.