Uwi Ungu (Dioscorea alata) Sumber Pangan dan Pengobatan

Inilah jenis umbi asli yang digunakan sebagai sumber pangan pokok nenek moyang kita jauh sebelum kedatangan Hindu datang ke nusantara. Dari sekian banyak genus Dioscera, uwi ungu (Dioscera alata) paling digemari untuk dikonsumsi dan paling aman dikonsumsi dibanding dengan jenis-jenis lainnya. Umbi ini tak perlu melalui pengolahan banyak untuk siap disantap. Cukup dikukus saja sudah enak dan aman disajikan.
Uwi Ungu (Dioscorea alata) Sumber Pangan dan Pengobatan
Kaya beta karoten
Sosok tanaman uwi merambat dengan cara melilitkan batangnya layaknya ular. Ia bisa tumbuh sampai ketinggi 10 meter. Tumbuh hanya semusim, saat jelang musim kemarau daun-daunnya menguning dan batangnya mati. Itulah kenapa kalau di musim kemarau, tanaman ini seperti menghilang. Batang dan daun tak memiliki duri sehingga cocok bila ditanam sebagai tanaman pagar rumah. Daun berbentuk hati dengan bagian-bagiannya ada yang berwarna semburat ungu.

Es krim uwi ungu
Uwi ungu (Dioscera alata) tak hanya dimanfaatkan umbinya saja sebagai sumber pangan. Sekarang, dimanfatkan pula sebagai pengobatan. Warna umbinya yang ungu itu, kaya beta karoten yang bagus sebagai antioksidan. Beberapa produsen olahan makanan memanfaatkan umbi berwarna ungu menjadi es krim. Umbi yang berasa tawar dan pulen ini sangat cocok diolah dan dipadukan dengan beragam rasa. Umbi ini juga bisa diolah untuk diambil patinya dan difermentasi untuk menghasilkan alcohol.

Uwi Ungu (Dioscorea alata) Sumber Pangan dan Pengobatan
Umbi uwi ungu
Konsumsi untuk para penderita diabetes
Dalam dunia pengobatan herbal, umbi uwi ungu bermanfaat untuk pengendalian penyakit diabetes, kardiovaskuler, kanker, menambah jumlah koloni bakteri berguna di usus sekaligus menghambat perkembangan bakteri patogen., senyawa beta karoten bermanfaat menghambat proses oksidasi. Masyarakat sendiri sudah memanfaatkan umbi ini sebagai obat pencahar, penyakit cacingan, mengatasi demam, lepra.

Uwi Ungu (Dioscorea alata) Sumber Pangan dan Pengobatan
Sosok tanaman merambat
Kandungan protein dalam umbi uwi ungu (Dioscorea alata) lebih tinggi dibandingkan dengan jenis umbi-umbi lainnya. Kadar karbohidrat tinggi tapi kadar gula rendah. Kadar serat tinggi, gluten rendah, mineral tinggi. Untuk mendongkrak pamor umbi asli tanaman nusantara ini perlu berekspansi ke manfaat pengobatan penyakit degeneratif yang banyak diderita oleh masyarakat modern saat ini. Salah satunya berpotensi dalam pengendalian penyakit diabetes. Hal ini karena kadar gula dalam umbi rendah, indeks glikemik rendah sekitar 22-24, kandungan amilosa dan serat makanan tinggi sehingga sangat disarankan untuk konsumsi para penderita diabetes.